Apa Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Apa Penyebab Tangan Sering Kesemutan – Seiring dengan meningkatnya angka harapan hidup di seluruh dunia, jumlah penduduk lanjut usia juga meningkat. Didorong oleh data

Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah dan diperkirakan pada tahun 2050 jumlahnya akan menjadi 2,1 miliar orang. Hal ini disebabkan oleh semakin baiknya layanan kesehatan yang tersedia di setiap negara.

Apa Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Apa Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Namun pertumbuhan populasi lansia bukannya tanpa masalah. Seiring bertambahnya usia, penyakit-penyakit yang berkaitan dengan usia akan menyerang mereka satu per satu.

Tangan Sering Kesemutan? Ketahui 4 Penyebabnya

Menurut sebuah studi epidemiologi, prevalensi mati rasa dan kesemutan, yang biasa dikenal dengan neuropati perifer, berkisar antara 6% hingga 51%.

Meski tampak seperti masalah kesehatan kecil, namun jangan anggap remeh gejalanya. Sebab mati rasa dan kesemutan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu lama tanpa alasan yang jelas, itu mungkin merupakan tanda adanya masalah saraf.

Ada banyak penyebab mati rasa dan kesemutan pada orang lanjut usia. Salah satu yang paling umum adalah diabetes melitus.

Sering Kesemutan? Hati Hati Carpal Tunnel Syndrome

Diperkirakan 1 dari 3 orang yang menderita neuropati perifer disebabkan oleh diabetes. Seiring dengan meningkatnya jumlah penderita diabetes saat ini, jumlah orang yang menderita mati rasa dan kesemutan juga meningkat.

Kebiasaan konsumsi alkohol juga menjadi penyebab lain neuropati perifer. Sekitar 46% pengguna alkohol aktif menderita mati rasa dan kesemutan.

Selain kedua penyebab utama di atas, neuropati perifer juga dapat disebabkan oleh kelainan genetik, efek samping konsumsi obat (obat kemoterapi), proses imunologi, kelainan pembuluh darah, serta kekurangan nutrisi dan vitamin.

Apa Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Jika mati rasa dan kesemutan disebabkan oleh diabetes, segera dapatkan pengobatan terbaik. Berhenti minum alkohol dan merokok, serta berkonsultasi dengan dokter tentang obat apa pun yang Anda minum, juga dapat membantu mencegah mati rasa dan kesemutan.

Tangan Sering Kaku Atau Kesemutan❓

Selain itu, penting untuk menjaga pola hidup sehat. Jaga berat badan ideal, olahraga teratur beberapa kali dalam seminggu, dan makan makanan sehat dan bergizi.

Mati rasa dan kesemutan juga bisa dicegah dengan mengonsumsi vitamin neurotropik. Vitamin yang mengandung nutrisi penting untuk menunjang kesehatan saraf Anda.

Salah satu produk vitamin neurotropik yang bisa Anda pilih adalah hemaviton Neuro Forte yang mengandung vitamin B1, B6, dan B12. Vitamin B1 yang dikandungnya penting untuk metabolisme karbohidrat dan pemeliharaan serabut saraf.

Demikian penjelasan terkait mati rasa dan kesemutan yang terjadi pada usia lanjut. Mencegahnya sekarang bisa membebaskan Anda dari kondisi tersebut. Keluhan sering mati rasa dan kesemutan pada tangan merupakan tanda awal kerusakan saraf akibat neuropati perifer. Apa saja gejala dan pencegahannya?

Penyebab Kesemutan Di Tangan Yang Patut Diwaspadai, Jadi Penanda Penyakit

Banyak orang yang sering mengeluhkan rasa kebas dan kesemutan pada tangan. Sebab, mereka meyakini rasa kebas dan kesemutan yang dialaminya merupakan hal yang wajar dan akan cepat berlalu dengan sendirinya. Padahal, jika keluhan ini sering terjadi, bisa jadi itu merupakan tanda awal seseorang mengalami kerusakan saraf.

Seperti dilansir Halodoc.com, masalah saraf merupakan gangguan kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh dan menjadi salah satu penyebab kecacatan terbanyak di dunia. Neuropati adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi yang berkaitan dengan gangguan fungsi saraf yang disebabkan oleh penyakit atau cedera tertentu. Berdasarkan letak sarafnya, neuropati dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

Pada kasus ini, keluhan sering mati rasa dan kesemutan pada tangan merupakan tanda awal kerusakan saraf akibat neuropati perifer. Neuropati perifer terjadi ketika ada penyakit atau kelainan saraf yang mempengaruhi saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang, sehingga mempengaruhi saraf di ekstremitas, seperti jari kaki, kaki, tungkai, jari tangan, tangan, dan lengan. Beberapa gejala yang muncul akibat neuropati perifer antara lain:

Apa Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Selain aktivitas berat yang melibatkan banyak tangan, keluhan sering mati rasa dan kesemutan pada tangan akibat kerusakan saraf neuropati perifer juga bisa terjadi karena beberapa hal, seperti

Penyebab Anda Sering Mengalami Gejala Kesemutan

Jika tangan Anda sering mengeluh mati rasa dan kesemutan disertai nyeri, Anda juga bisa meredakannya dengan mengonsumsi obat yang mengandung ibuprofen yang kaya akan vitamin B1, B6, dan B12 yang dapat menjaga kesehatan saraf. Namun jika rasa tidak nyaman semakin sering terjadi, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tim kami akan segera menjawab pertanyaan ini. Anda dapat melihat pertanyaan lain yang telah dijawab atau menulis pertanyaan lain. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering kita gunakan. Jika ada keluhan di tangan tentu dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Salah satu keluhan yang umum dirasakan pada tangan adalah kesemutan. Apa yang sering dilakukan tanganmu? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab tangan sering terasa perih bisa jadi karena beberapa penyakit. Apalagi jika rasa kesemutan tersebut biasanya terjadi dalam jangka waktu lama disertai gejala lain.

Penyebab Ujung Jari Tangan Sering Kesemutan Apa Saja?

Penyakit ini biasa dikenal dengan sebutan carpal tunnel syndrome. CTS terjadi akibat kerusakan saraf akibat iritasi atau tekanan pada saraf di pergelangan tangan.

CTS biasanya muncul dengan gejala kesemutan pada jari tangan dan pergelangan tangan serta menandakan aktivitas tangan sudah mulai melemah. Kondisi ini akan membuat Anda kesulitan dalam memegang suatu barang.

Penyakit CTS umumnya diderita oleh semua orang yang banyak menggunakan tangan untuk melakukan aktivitas. Kegiatan tersebut dilakukan secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama, seperti mencuci, menulis dan juga mengetik dalam jangka waktu yang lama.

Apa Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Sekitar 30% penderita diabetes sering mengalami kesemutan pada tangan. Bagi penderita diabetes, rasa kesemutan biasanya dirasakan pertama kali di kaki, lalu di tangan.

Apa Penyebab Sering Kesemutan? Ini Penjelasannya

Seiring waktu, bintik-bintik itu semakin parah. Sekitar 2/3 penderita diabetes akan mengalami kerusakan saraf yang awalnya ringan dan kemudian menjadi lebih parah seiring berjalannya waktu.

Mengapa penderita diabetes sering merasakan kesemutan? Hal ini berkaitan dengan besarnya kadar gula darah dalam tubuh. Semakin tinggi kadar gula darah, semakin besar pula kerusakan saraf, kesemutan, bahkan mati rasa yang ditimbulkannya.

Gejala yang terjadi pada rheumatoid arthritis hampir sama dengan CTS. Penderitanya akan merasakan kesemutan pada pergelangan tangan dan telapak tangan. Sensasi kesemutan ini biasanya terjadi pada malam hari sebelum tidur.

Gejala lain yang mungkin dialami penderita rheumatoid arthritis adalah jari tangan dan pergelangan tangan terasa hangat. Setelah itu, semakin parah dengan rasa kaku, bengkak, dan nyeri saat bangun tidur. Penyerapannya bisa bertahan selama 1 jam.

Kesemutan Tidak Pernah Absen? Yuk, Cek Penyebabnya

Penyebab sering mati rasa pada tangan mungkin karena adanya kerusakan saraf atau disebut dengan neuropati perifer. Kerusakan saraf dapat terjadi karena terkena penyakit autoimun, infeksi, kerusakan saraf dan efek samping pengobatan.

Misalnya, pasien kanker harus menjalani kemoterapi dan mengonsumsi obat tertentu untuk mengurangi rasa sakit. Efek samping yang ditimbulkannya bisa menimbulkan rasa kesemutan pada tangan atau kaki.

Bagi Anda yang merasa tangan sering terasa atau bahkan mati rasa, sebaiknya waspada dan segera menjalani pemeriksaan. Gejala ini bisa disebabkan oleh stroke.

Apa Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Tanda-tanda lain yang dialami penderita stroke adalah bicara cadel, sakit kepala mendadak, dan kehilangan keseimbangan.

Gejala Gangguan Pada Kanal Carpal Ditandai Mati Rasa Ibu Jari

Saraf terjepit akan menyebabkan setiap orang merasakan kesemutan di punggung, leher, tangan, dan kaki. Saraf terjepit bisa disebabkan oleh cedera, postur tubuh yang buruk, dan radang sendi yang berkepanjangan.

Selain merasakan gejala tusukan pada tangan, luka tersebut juga akan menimbulkan gangguan saraf dan nyeri pada penderitanya. Risiko terbesarnya adalah pasien kesulitan menggerakkan bagian tubuh tertentu karena mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan yang parah.

Perlu Anda ketahui, bila asupan vitamin E dan vitamin B tidak mencukupi, akan muncul sensasi kesemutan di tangan dan kaki. Mengapa? Pasalnya kedua vitamin ini diperlukan untuk menunjang fungsi saraf.

Oleh karena itu, rasa kesemutan pada tangan Anda bisa jadi disebabkan karena Anda kurang memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Jika tidak ditangani, kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan pasien mengalami gangguan saraf.

Cara Menghilangkan Kesemutan Di Jari Tangan, Pijatan Ringan Hingga Kompres

Gangguan tiroid bisa terjadi ketika kelenjar tiroid di leher yang memproduksi hormon tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini akan mempengaruhi proses metabolisme tubuh dan menghasilkan hormon yang sangat sedikit.

Terlalu sedikit hormon dalam tubuh akan menyebabkan seseorang mengalami kesemutan pada tangan. Penyebab sering kesemutan di tangan seringkali juga disertai gejala penyakit serius lainnya.

Orang yang menderita penyakit ginjal kronis akan mengalami gejala secara perlahan. Gejala kesemutan biasanya muncul saat penderita mengalami kerusakan ginjal parah. Mengisap tangan dikaitkan dengan anemia, muntah, nyeri otot dan lain-lain.

Apa Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Pada dasarnya, rasa kesemutan yang tidak disertai gejala serius bersifat sementara dan mungkin akan hilang dengan sendirinya. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi rasa kesemutan, seperti berikut ini:

Tangan Sering Kesemutan? Atasi Dengan Cara Berikut Ini

Pijat dapat membantu mengembalikan fungsi tubuh menjadi normal, karena saraf akan terstimulasi secara maksimal. Memijat bagian tubuh yang terasa kesemutan juga akan menjaga sirkulasi darah tetap lancar.

Kompres air hangat akan meningkatkan sirkulasi darah normal, sehingga dapat membantu meredakan rasa perih pada tangan akibat sirkulasi darah yang buruk.

Tangan gemetar bisa disebabkan oleh saraf terjepit akibat aktivitas berulang yang Anda lakukan setiap hari, seperti mengetik di komputer, bermain gitar, piano, atau mengetik di ponsel.

Regangkan jari dan tangan Anda untuk meningkatkan sirkulasi darah. Segera hentikan aktivitas yang Anda lakukan jika timbul rasa nyeri dan kesemutan.

Jangan Remehkan Kesemutan, Kenali Bahayanya

Latihan peregangan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan membantu mengatasi sakit kepala ringan. Mulailah secara perlahan dan segera hentikan jika Anda merasakan sakit.

Lakukan gerakan-gerakan di atas selama 5 siklus secara perlahan, ulangi 3 hingga 4 kali sehari. Konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan latihan peregangan yang disebutkan di atas.

Namun bagaimana jika rasa kesemutan di tangan disebabkan oleh penyakit yang serius? Untuk mengetahui penyebab seringnya rasa kesemutan pada tangan, perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu. Setelah penyebabnya diketahui, rasa tidak nyaman tersebut dapat diatasi dengan terapi yang diperlukan.

Apa Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, elektromiografi, USG muskuloskeletal, rontgen atau MRI bila diperlukan untuk memastikan diagnosis.

Penyebab Tangan Kesemutan Dan Cara Mengatasinya

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengobati tusukan tangan dengan suntikan kortikosteroid cukup efektif untuk menunda perlunya pembedahan.

Di Flex Free Clinic, dokter ahli kami akan membantu Anda mengatasi masalah sensasi tangan. Selain pengobatan di atas, dokter mungkin akan melakukan prosedur fisioterapi seperti terapi laser, USG, atau mobilisasi saraf median.

Prosedur non-bedah umumnya akan membaik

Leave a Comment