Bibir Selalu Kering Dan Mengelupas

Bibir Selalu Kering Dan Mengelupas – Dehidrasi bukan satu-satunya penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Diterbitkan: 22 Februari 2019 Terakhir diperbarui: 12 Oktober 2020 Diulas 13 Juni 2019 Waktu membaca: 5 menit

Beberapa orang mungkin mengira penyebab bibir kering adalah kekurangan cairan atau akibat dehidrasi. Faktanya, bibir kering juga disebabkan oleh banyak hal lainnya. Inilah sebabnya mengapa bibir kering tetap menjadi masalah meski seseorang banyak minum.

Bibir Selalu Kering Dan Mengelupas

Bibir Selalu Kering Dan Mengelupas

Ya, bibir kering tidak terlihat bagus. Selain tidak nyaman, bibir kering dan pecah-pecah juga tidak sedap dipandang mata. Betapapun cantiknya seseorang, bibir kering bisa merusak penampilannya. Untuk mengatasi bibir kering, kita perlu mengetahui apa saja penyebab bibir kering.

Problem Bibir Pecah Pecah Dan Cara Melenyapkannya

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah adalah dehidrasi. Hal ini dikarenakan bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti pada kulit sehingga bibir mudah kering.

Kurang minum di siang hari atau dalam beberapa jam terakhir juga bisa menyebabkan bibir kering. Dehidrasi juga mungkin Anda temukan dengan gejala lain, seperti sering haus, warna urin yang keruh dan gelap, sakit kepala, dan sering lelah. Lihat penjelasan selengkapnya di sini: Waspadai tanda-tanda dehidrasi

Selain itu, aktivitas seperti bermain ski atau naik perahu motor yang membuat tubuh terkena angin dan sinar matahari dapat menyebabkan hilangnya cairan dengan cepat.

Minumlah setidaknya 8-10 gelas air setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Bahkan jika Anda seorang atlet atau penderita diabetes, minumlah lebih banyak. Minumlah lebih banyak dari biasanya jika Anda muntah atau diare terus-menerus, atau jika Anda berkeringat banyak karena demam.

Obat Bibir Pecah Pecah Untuk Anak Dan Dewasa 100% Alami

Kebanyakan orang tergoda untuk menjilat bibir saat mulai terasa kering. Namun tindakan membasahi bibir dengan air liur bisa memperburuk kondisi. Pasalnya, air liur mengikat kelembapan pada bibir sehingga ketika menguap, bibir menjadi lebih kering dibandingkan sebelumnya. Efek yang sama juga akan terjadi pada orang yang sering menggigit bibir.

Bukan hanya kulit wajah dan tubuh saja yang harus dilindungi dengan tabir surya, tapi juga bibir. Saat membeli lip balm, entah itu lip balm, lip tint, lipstik, lip gloss, atau lainnya, carilah yang mengandung SPF. Atau jika belum, Anda bisa mengoleskan tabir surya pada bibir sebelum keluar rumah.

Anda sebaiknya melindungi kelembapan bibir sepanjang hari dengan mengoleskan petroleum jelly atau wax. Lakukan ini setiap hari, terutama saat cuaca dingin karena suhu yang lebih rendah biasanya mencuri lebih banyak kelembapan pada bibir.

Bibir Selalu Kering Dan Mengelupas

Mereka yang menderita asma, pilek, atau alergi terkait pernapasan lainnya sering kali mengalami bibir kering. Hal ini karena tubuh menggunakan mulut untuk bernapas. Sering bernapas melalui mulut dapat menyebabkan bibir kering karena aliran udara yang terlalu sering dan kuat.

Sering Menjilat Bibir Ternyata Malah Membuat Bibir Semakin Kering, Kok Bisa Ya?

Orang yang mendengkur atau menderita sleep apnea juga sering terbangun dengan bibir kering. Jadi, sebelum tidur, jangan lupa untuk rutin mengoleskan pelembap bibir.

Kebanyakan pasta gigi mengandung sodium lauryl sulfate (SLS), zat yang dapat menghilangkan kelembapan alami bibir. Jika bibir kering tak kunjung hilang, coba periksa kandungan dalam pasta gigi yang Anda gunakan sehari-hari. Jika mengandung SLS, coba ganti dengan yang tidak mengandung bahan tersebut. Anda juga harus memeriksa produk lain yang diaplikasikan pada bibir. Produk berbahan dasar alkohol dapat mengeringkan bibir (akibat dehidrasi).

Keasaman pada buah jeruk dapat memperburuk kondisi bibir yang sebelumnya kering, begitu juga dengan saus tomat. Efek serupa juga terjadi pada kayu manis, bahan yang sering ditemukan dalam permen, permen karet, dan pasta gigi.

Jika tubuh Anda menyerap terlalu banyak vitamin A (lebih dari 25.000 IU per hari), baik melalui makanan atau suplemen, hal ini dapat membuat bibir Anda kering dan pecah-pecah.

Ketahui Penyebab & 5 Cara Melembabkan Bibir Kering Dengan Tepat

Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi suplemen vitamin A, sedangkan jarang terjadi jika seseorang hanya mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin A.

Sebaliknya jika tubuh kekurangan vitamin B2 (riboflavin), B3 (niacin), B9 (asam folat), dan C juga bisa menyebabkan bibir kering. Seperti yang kita ketahui bersama, kekurangan vitamin C bisa menyebabkan bibir perih dan pecah-pecah. Baca juga: Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat, Benar dan Ampuh

Obat-obatan tertentu, seperti Accutane untuk jerawat dan kerutan, propranolol untuk tekanan darah, atau proklorperazin untuk pusing, juga dapat menimbulkan efek samping berupa bibir pecah-pecah.

Bibir Selalu Kering Dan Mengelupas

Anda mungkin bisa menghilangkan bibir kering saat berhenti minum obat ini. Selain itu, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan cairan dan vitamin yang banyak terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

Cara Mengatasi Bibir Kering Dengan Bahan Alami Di Rumah

Penyakit autoimun bisa membuat bibir sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, penderita sebaiknya mengoleskan lip balm dengan SPF 15 (minimal). Beberapa kondisi medis lain yang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah antara lain:

Ada banyak alergi yang bisa menyebabkan bibir kering, misalnya alergi kobalt dan nikel. Jika tubuh mengonsumsi terlalu banyak vitamin B12, dapat menyebabkan alergi terhadap kobalt.

Menurut Audrey Kunin, dokter kulit yang tampil di acara itu, Dr. Oz (AS), bahan lipstik atau pasta gigi juga mungkin dicurigai menyebabkan bibir kering. Jika pasta gigi mengandung guaiazuline atau lipstik mengandung propyl gallate/phenyl salicylate (Cellol), bibir kering mungkin merupakan tanda bahwa Anda sebenarnya alergi terhadap bahan-bahan tersebut.

Alergi terhadap bahan makanan tertentu seperti buah ara atau bahan tambahan makanan juga bisa menjadi penyebab lain bibir kering. Tips mencegah dan mengatasi bibir kering

Cara Tepat Merawat Kulit Bibir

1. Anda tidak menjilat bibir Anda. Jika Anda menjilat bibir yang kering, bibir akan menjadi semakin kering. Karena air liur cepat menguap, bibir Anda akan menjadi lebih kering dibandingkan sebelum Anda menjilat.

2. Jangan gunakan lip balm yang beraroma. Jika Anda menaruh sesuatu yang enak ke bibir Anda, Anda akan tergoda untuk menjilatnya. Lip balm beraroma memang menyenangkan, namun efek sampingnya bisa menyebabkan kekeringan dan pecah-pecah, yang tentunya tidak menyenangkan.

3. Gunakan tabir surya. Jika Anda keluar rumah pada siang hari dan terkena sinar matahari langsung, gunakan lip balm yang mengandung tabir surya. Ini akan membantu mencegah bibir Anda kering akibat sengatan sinar matahari.

Bibir Selalu Kering Dan Mengelupas

4. Tutup bibir saat berada di udara dingin. Udara dingin bisa membuat bibir Anda kering. Menutupinya dengan syal dapat membantu menjaganya tetap terlindungi saat Anda berada di luar dalam suhu yang ekstrem.

Penyebab Bibir Terasa Kebas Dan Kesemutan

5. Hindari alergen. Anda mungkin memiliki bibir sensitif yang mengering bahkan pecah-pecah saat terkena parfum, cat, atau pewangi. Jika iya, jauhkan kosmetik dari bibir Anda.

6. Tetap terhidrasi. Meski dehidrasi bukan satu-satunya penyebab bibir kering, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan cairan. Pastikan untuk minum banyak air untuk mendukung kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bibir kering bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, jadi konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami bibir kering yang berkepanjangan.

Tim editorial berdedikasi untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan dokter dan menggunakan sumber terpercaya dari organisasi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Punya Kebiasaan Mencabut Kulit Kering? Ini Bisa Menjadi Ciri Gangguan Mental, Lho!

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan untuk diagnosis medis. Sebaiknya Anda terus berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bidang tersebut.

Konten ini ditulis atau direview oleh tenaga kesehatan profesional dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Tim editorial berdedikasi untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca seluruh proses editorial di sini.

Bibir Selalu Kering Dan Mengelupas

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau komentar mengenai artikel kami, Anda dapat mengirim email kepada kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau [email protected]Bibir adalah pusat perhatian lawan bicara Anda saat berkomunikasi. Jadi jika Anda memiliki bibir kering dan sering berdarah pasti akan mempengaruhi rasa percaya diri Anda. Meski sederhana dan tergolong tidak berbahaya, mengapa kondisi ini bisa terjadi?

Jangan Lagi Cabut Kulit Bibir, Ada 4 Bahaya Berikut Ini Yang Mengintai

Bibir Anda memiliki lapisan kulit tipis dan transparan yang disebut stratum korneum. Letaknya yang dekat dengan pembuluh darah membuat bibir menjadi merah muda dan segar alami. Inilah sebabnya mengapa luka atau goresan kecil dapat menyebabkan bibir Anda berdarah.

Bibir kering pasti membuat Anda tidak nyaman dan tidak menarik. Kondisi ini dapat menyebabkan lapisan bibir terkelupas atau pecah-pecah hingga menimbulkan pendarahan akibat banyaknya pembuluh darah di bibir.

Kekurangan cairan atau dehidrasi akan berdampak pada sistem organ tubuh, salah satunya kulit. Kulit di seluruh tubuh, termasuk bibir, akan mengalami kekeringan hingga akhirnya pecah-pecah, mengelupas, dan berdarah.

Kekurangan vitamin A dan B dikaitkan dengan bibir kering dan pecah-pecah. Untuk itu, Anda harus mencukupi kebutuhan vitamin B harian dengan mengonsumsi makanan dan minuman seperti bayam, telur, susu, dan ayam. Vitamin A dapat ditambah dengan makanan seperti wortel, brokoli dan telur.

Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Mengelupas, Sederhana Dan Mudah Dipraktikkan

Kebiasaan menjilat atau membasahi bibir dengan air liur alih-alih melembabkannya justru akan membuat bibir semakin kering. Air liur memang tidak berperan sebagai pelembab, namun khasiatnya akan menghilangkan lapisan tipis pada bibir. Selain menjilat bibir, kebiasaan menggigit bibir juga bisa menyebabkan bibir mudah mengelupas dan berdarah.

Selain itu, cuaca yang sangat panas dapat membuat bibir menjadi kering dan merusak lapisan bibir akibat paparan sinar UV.

Beberapa obat dapat meningkatkan risiko bibir kering dan pecah-pecah. Beberapa contoh obat tersebut adalah obat kemoterapi, obat jerawat, obat gangguan bipolar, dan suplemen vitamin A.

Bibir Selalu Kering Dan Mengelupas

Bibir kering juga bisa menjadi tanda suatu kondisi medis. Misalnya penyakit tiroid, Angular cheilitis, Kawasaki dan infeksi.

Bibir Kering Dan Pecah Pecah Bisa Jadi Gejala Cheilitis, Apa Itu?

Menggunakan produk lipstik tertentu, seperti matte, bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah. Sebaiknya gunakan lipstik yang melembapkan dan mudah dihilangkan.

Anda pasti tidak ingin bibir kering dan berdarah. Jadi pastikan untuk menghindari faktor risiko di atas dengan mengikuti tips di bawah ini.

Itulah berbagai penyebab bibir kering berdarah dan cara mencegahnya. Jika Anda mengalami bibir kering terus-menerus tanpa mengetahui penyebabnya, dan Anda merasa kesulitan untuk mengatasinya sendiri, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

Kenapa bibir selalu kering dan mengelupas, kenapa bibir selalu mengelupas, mengatasi bibir kering dan mengelupas, penyebab bibir kering dan mengelupas, bibir gatal kering dan mengelupas, bibir selalu mengelupas, solusi bibir kering dan mengelupas, obat bibir kering dan mengelupas, penyebab bibir selalu kering dan mengelupas, bibir kering dan mengelupas, bibir kering hitam dan mengelupas, merawat bibir kering dan mengelupas

Leave a Comment