Cara Buat Absen Online Google Form

Cara Buat Absen Online Google Form – Di tahun 2020 ini kita sedang dilanda pandemi yang memaksa kita untuk melakukan banyak hal secara online, mulai dari bekerja, sekolah, dan aktivitas lainnya. Untuk mendukung semua ini, kita perlu belajar banyak tentang banyak aplikasi dan program seperti aplikasi Zoom Meeting, aplikasi grup WhatsApp, dan aplikasi Google Formulir lainnya yang akan kita bicarakan sekarang.

Google Form sudah ada sejak lama, namun kali ini penggunaannya ditujukan untuk mendukung kegiatan pertemuan online seperti sekolah atau pertemuan tertentu. Caranya sangat mudah dan tentunya gratis. Kita akan membuat Google Form dengan contoh cara membuat presensi online, berikut cara membuatnya secara singkat;

Cara Buat Absen Online Google Form

Cara Buat Absen Online Google Form

1. Buka aplikasi Google Form, jangan lupa login ke Gmail terlebih dahulu. Kemudian pada start menu, pilih ruang kosong baru untuk membuat form baru, seperti pada gambar;

Cara Membuat Absen Online Melalui Zoho

4. Soalnya bisa berbentuk pilihan ganda, drop down list atau esai tertulis tergantung kebutuhan kita, banyak komponen untuk membuat kolom soal, bahkan kita bisa menyertakan video dan lain sebagainya untuk menunjang soal yang kita buat. bertanya ingin. Mengerjakan

Kita hanya bisa menggunakan email atau link untuk merespon hasil form yang kita buat, itu sangat tergantung dari kebutuhan kita karena kita hanya akan presensi, kita tinggal membuat link yang akan kita sebarkan secara publik kepada peserta rapat. . Gunakan fungsi pemendekan link agar link yang terenkripsi tidak terlalu panjang, lalu kita copy link tersebut dan bisa langsung digunakan.

6. Copy link tersebut dan share ke seluruh peserta dan jika peserta memasukkan link tersebut maka akan terlihat form yang telah kita buat tadi. Sekarang kita akan mencoba mengisinya

7. Hasilnya kita lihat pada menu jawaban di sebelah menu pertanyaan, jelas kita memasukkan tiga orang.

Cara Membuat Google Form

8. Untuk membuat ringkasan atau rangkuman dari seluruh daftar yang ada di excel atau dalam sebuah sheet caranya sangat mudah, kita tinggal klik pada menu Create Table dan buatlah sheet baru

Banyak hal yang bisa kita manfaatkan dari aplikasi gratis seperti Google Form, kelebihannya bisa kita manfaatkan untuk segala urusan baik itu pekerjaan maupun kebutuhan sosial sehari-hari di masa pandemi Covid-19, pembelajaran di sekolah tidak bisa dilakukan seperti biasanya. . Siswa hanya dapat belajar melalui sistem online, sesuai peraturan pemerintah. Oleh karena itu, guru juga perlu mengetahui cara mengikuti Google Form.

Guru dan siswa melakukan pembelajaran jarak jauh dengan bantuan teknologi internet. Seluruh proses belajar mengajar di sekolah kini harus dilakukan secara online, termasuk absensi siswa. Untuk mencatat kehadiran siswa, guru dapat menggunakan fitur Google Form. Google Form merupakan salah satu fitur formulir digital yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu, salah satunya adalah support.

Cara Buat Absen Online Google Form

Cara membuat presensi Google Form tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah cara masuk ke Google Form.

Membuat Form Kehadiran Dengan Tandatangan

Biasanya, sebelum proses pembelajaran daring dimulai, guru mengambil alih kehadiran siswa. Di kelas, guru dapat menggunakan buku absensi. Lalu bagaimana cara mencatat kehadiran online siswa? Jawabannya melalui Google Form.

Langkah selanjutnya adalah membuat kolom untuk nama siswa. Untuk membuatnya, klik kolom di bawah judul dan uraian lalu ketik “Nama Siswa” (1). Ubah pilihan jawaban menjadi “jawaban singkat” (2) dan aktifkan fitur “wajib” (3).

Kemudian untuk membuat kolom layout, klik tombol + di sebelah kanan. Setelah itu buatlah kolom seperti gambar di atas.

Seperti cara di atas, Anda bisa klik tombol + atau “ikon duplikat” jika ingin membuat kolom yang sama seperti di atas. Atur kolom deskripsi seperti pada gambar di atas. Anda dapat menambahkan tipe informasi berdasarkan aturan yang berlaku pada agensi Anda.

Cara Mudah Membuat Google Form Dengan Cepat Dan Membagikannya

Menyalin tautan sangat mudah. Untuk melakukan ini, klik “ikon tautan” di tengah. Kemudian klik “Persingkat Tautan” dan “Salin Tautan” dan tautan akan tersalin secara otomatis. Setelah itu, guru dapat membagikan link dukungan tersebut kepada siswa.

Dengan adanya Google Form, Anda juga bisa mengatur batasan waktunya. Cara membuat izin Google Form dengan batas waktu sangatlah mudah. Berikut cara melakukannya:

Jadi, inilah cara Anda membuat kehadiran Google Formulir. Kehadirannya tentunya akan memudahkan guru dalam mencatat kehadiran dan ketidakhadiran siswa.

Cara Buat Absen Online Google Form

Padahal, dalam sistem pengajaran dan pembelajaran jarak jauh ini, guru harus bisa memanfaatkan teknologi internet. Jika tidak maka proses belajar mengajar akan sulit.

Panduan Membuat Absensi Online Form

Bagaimana membuat kehadiran Google Formulir menjadi mudah, bukan? Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas agar pembelajaran berjalan lancar dengan contoh dukungan online menggunakan Google Formulir dan telepon seluler karyawan: Pandemi telah menyebabkan industri menjajaki digitalisasi dalam operasional bisnis, termasuk pengelolaan bantuan karyawan.

Kehadiran karyawan sangat penting karena berkaitan dengan berjalannya usaha dengan baik. Lalu bagaimana cara menghindari permasalahan yang mungkin timbul dari kehadiran mereka jika perusahaan ingin menerapkan work from home dan remote work?

Kehadiran seluler adalah solusinya! Pekerja dapat hadir melalui ponsel mereka. Ada banyak alternatif kehadiran online yang bisa Anda pilih.

Pernahkah Anda berpikir untuk hadir melalui Google Formulir? Nah, ternyata Google Form tidak hanya bisa digunakan untuk membuat formulir dan ujian online saja, tapi juga bisa digunakan untuk mencatat kehadiran karyawan.

Tutorial Cara Membuat Absensi Online Di Google Forms [versi Ceklis]

Google Formulir Kehadiran menyertakan contoh kehadiran online yang gratis dan mudah dibuat. Sistem pendukung ini menghemat kertas dan waktu karena Anda hanya perlu mengirimkan linknya ke karyawan. Data akan disimpan dengan aman di Drive Anda, tanpa khawatir hilang atau terhapus.

Merupakan dukungan berbasis web yang dapat diakses melalui smartphone dalam bentuk aplikasi yang mudah digunakan. Selain tampilan aplikasi yang mudah digunakan untuk semua kalangan, aplikasi ini juga memiliki sejumlah fitur canggih yang sangat cocok untuk kondisi saat ini.

Memiliki fitur utama absensi berbasis GPS dan sistem biometrik, sehingga karyawan dapat hadir dengan mengunggah foto ke sistem, dan HR perusahaan dapat menemukan lokasinya dan mengonfirmasi kehadirannya.

Cara Buat Absen Online Google Form

Data absensi akan otomatis tercatat dan disimpan di sistem cloud, sehingga aman! Selain itu, tampilan data kehadiran karyawan terintegrasi langsung ke dalam sistem penggajian, sehingga penggajian karyawan juga dapat terotomatisasi.

Cara Buat Absen Di Google Form

Bekerja dari jarak jauh? Tidak peduli. Anda dapat menggunakan fitur penjadwalan online untuk mengatur jadwal dan berbagi tugas dari jarak jauh, fitur shift kerja untuk mengatur pola kerja bergilir karyawan, dan fitur penggantian biaya online untuk kemudahan pengajuan klaim.

Anda dapat melakukan semua ini dengan tangan Anda sendiri. Anda akan menghemat waktu dalam mengelola manajemen kehadiran karyawan dan memiliki fleksibilitas untuk memantau karyawan kapan saja, di mana saja.

Karyawan juga akan lebih mudah mencatat kehadiran dan menyampaikan keluhan, sehingga mereka bisa lebih produktif dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Manfaat kehadiran mobile dan disiplin karyawan yang perlu diperhatikan Iosie Rizkha A. | 8 Desember 2021 | 6 menit membaca

Cara Membuat Absen Di Google Classroom

Trik Dukungan & Disiplin Karyawan Online Dari Lokasi Aplikasi GPS Palsu Iosie Rizkha A. | 18 Agustus 2022 | 6 menit membaca

Kehadiran dan Disiplin Karyawan Sistem Absensi Harian Karyawan Perusahaan Iosie Rizkha A. | 13 Agustus 2021 | 6 menit membaca

Pendampingan dan Disiplin Karyawan Bagaimana aturan jam kerja magang di Indonesia? Yassi Rizkha A | 14 April 2022 | 6 menit membaca

Cara Buat Absen Online Google Form

Pendampingan dan disiplin karyawan Bagaimana cara menghitung jam kerja di Indonesia? Yassi Rizkha A | 12 Januari 2022 | 6 menit membaca

Membuat Absen Online Dengan Google Form Dan Terekap Otomatis

Pendampingan dan Disiplin Karyawan Cara Mengatur Shift Kerja Karyawan di Hotel Iosie Rizka A.. | 8 Oktober 2021 | 6 menit dibaca Di era digital seperti saat ini, formulir dukungan online seperti Google Formulir adalah solusi yang dapat digunakan perusahaan untuk mengelola dukungan dan menggantikan metode tradisional.

Google Forms sendiri dirancang agar mudah digunakan oleh siapa saja dan tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam untuk membuat atau mengelola formulir dukungan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah membuat presensi yang praktis dan efektif menggunakan Google Forms.

Simak penjelasan detail cara tarik uang online menggunakan Google form di bawah ini

Cara Membuat Absensi Sederhana Menggunakan Google Application

Pertama, buka browser web Anda dan buka halaman Google Formulir atau klik di sini. Pastikan Anda memiliki dan masuk ke Akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu.

Setelah masuk ke halaman Google Form, klik tombol “Blank +” atau “Create” untuk membuat form baru. Anda akan dibawa ke tampilan edit formulir.

Kemudian isi judul formulir tersebut, misalnya “daftar hadir” atau “lembar absensi pegawai”. Anda juga dapat menambahkan deskripsi singkat.

Cara Buat Absen Online Google Form

Langkah selanjutnya, Anda bisa mengganti kata “question” atau “untitled question” dengan “clock-in”. Tambahkan tanggal di kotak kanan atas.

Cara Membuat Absensi Kehadiran Di Website Zoho Forms

Anda dapat menambahkan pertanyaan tambahan yang relevan dengan ketidakhadiran, seperti identitas, misalnya “nama lengkap”. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai, misalnya “bentuk singkat” untuk nama atau “pilihan ganda” untuk daftar nama.

Pada bagian “Pilihan Berganda” atau “Bentuk Singkat”, tambahkan pilihan atau opsi yang sesuai dengan kebutuhan kehadiran Anda. Misalnya jika Anda menggunakan pilihan ganda, masukkan nama karyawan sebagai pilihan jawaban. Jika menggunakan formulir pendek, karyawan hanya boleh memasukkan nama lengkapnya.

Google Formulir memungkinkan Anda mengubah tampilan formulir sesuai keinginan Anda. Anda dapat menambahkan judul, deskripsi, gambar latar belakang atau mengatur tema warna. Klik opsi “Tema” di bagian atas halaman untuk mengakses pengaturan.

Setelah selesai menyiapkan formulir dukungan, klik tombol “Bagikan” atau “Kirim” di sudut kanan atas halaman. Anda dapat memilih untuk mengirimkan tautan formulir melalui email, menyalin tautan untuk dibagikan melalui platform obrolan, atau menyematkan formulir di situs web.

Google Form Membuat Daftar Hadir Pertemuan Online Dengan Mudah

Setelah karyawan mengisi formulir kehadiran, Anda dapat meninjau dan menganalisis data yang dikumpulkan secara real time. Anda dapat mengakses data melalui halaman Google Sheets yang terkait dengan formulir atau melalui tampilan Responses pada halaman Google Form.

Salah satu fitur Google Form yang dapat digunakan untuk mempermudah bantuan adalah grid pilihan ganda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berkreasi

Buat absen google form, cara membuat absen online di google form, buat absen di google form, absen online google form, buat form absen online, buat absen dengan google form, cara buat absen di google form, cara buat link absen google form, cara buat absen pakai google form, cara buat link absen di google form, cara membuat absen google form, cara bikin absen google form

Leave a Comment