Cara Buat Link Dari Google Drive

Cara Buat Link Dari Google Drive – Dengan Google Drive, Anda dapat dengan mudah menyimpan file dan membaginya dengan siapa pun. Google Drive memiliki fungsi browser web bawaan sehingga pengguna lain dapat langsung melihat file yang Anda bagikan, mulai dari dokumen Microsoft Office hingga file video, langsung di browser pengguna.

Fitur ini berguna jika Anda ingin menelusuri file secara online tanpa mendownload file ke komputer Anda. File viewer ini sangat berguna terutama jika digunakan pada perangkat dengan ruang penyimpanan terbatas seperti smartphone.

Cara Buat Link Dari Google Drive

Cara Buat Link Dari Google Drive

Namun ada kalanya Anda ingin melewatkan/tidak menggunakan fungsi buka browser dan ingin memaksa browser untuk mendownload file secara langsung (direct download). Misalnya, jika komputer pengguna memiliki Adobe Reader, maka file PDF yang Anda bagikan akan terbuka di Adobe Reader dan bukan di browser.

Cara Membuat Link Bitly Google Drive, Cepat Dan Tanpa Ribet

File yang Anda unggah ke Google Drive akan memiliki tautan berbagi berikut. Contoh berbagi link ke file spreadsheet:

Bagian berwarna merah adalah ID file Anda, link di atas akan membuka file Anda langsung di browser pengguna (web browser). Jadi agar pengguna dapat mendownload file secara langsung, Anda perlu mengubah link di bagian /edit di akhir. Ubah /edit menjadi /export menjadi seperti di bawah ini

Jadi link diatas adalah link download langsung Google Drive yang bisa anda pasang di website anda dan gunakan untuk download langsung.

Anda dapat menggunakan https://sites.google.com/site/gdocs2direct/. Ini adalah situs yang dibuat oleh person66 (identitas nama samaran). Situs ini berfungsi mengubah link share menjadi link download langsung ke Google Drive.

Cara Membuat Dan Berbagi Link Data Di Google Drive Ke Orang Lain

Cara menggunakannya sangat mudah karena di halaman beranda juga terdapat petunjuk dan gambar untuk mencari link download yang Anda perlukan.

Jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah copy link file Google Drive yang ingin Anda bagikan, lalu paste pada kolom Enter Share URL lalu klik tombol Create Direct Link. Anda juga dapat mengambil hasilnya dan menyalinnya ke bagian Outbound Link dan membagikannya kepada orang lain.

Namun situs ini hanya bisa digunakan untuk file yang sudah Anda unggah ke Google Drive. Artinya Anda tidak dapat menggunakan situs ini untuk membuat link download langsung untuk file yang Anda buat di Google Drive itu sendiri. Jika Anda tetap ingin membagikan file yang dibuat di Google Drive, solusinya adalah dengan mendownloadnya terlebih dahulu lalu menguploadnya kembali ke Google Drive.

Cara Buat Link Dari Google Drive

GdURL.com juga merupakan situs yang menyediakan layanan pembuatan link download Google Drive langsung. Kerennya lagi, mereka menjadikan link Google Drive tersebut permanen (permalink) sekaligus memendekkan URL yang dihasilkan.

Tips Mudah Membuat Link Auto Download Menggunakan Jasinvite G Drive Generator

Jadi jika Anda perlu membagikan link menggunakan layanan dengan karakter lebih sedikit seperti Twitter, Anda tidak perlu menggunakan layanan pemendek URL lainnya (seperti bitly atau s.id). Langsung saja link downloadnya disini dan dapatkan juga short linknya disini.

Saya harap panduan singkat ini bermanfaat bagi Anda. Silakan bagikan di kolom komentar jika Anda memiliki tips lain yang ingin Anda bagikan kepada pengguna Google Drive lainnya. Cara membuat link Google Drive untuk dibagikan tidaklah sulit untuk dilakukan terutama bagi kita para pemula. tahu Google Drive.

Google Drive adalah ruang penyimpanan Google yang memungkinkan kita menyimpan file dengan kecepatan tinggi.

Jika kita memiliki akun Gmail, kita bisa menyimpan file atau dokumen yang kita inginkan ke Google Drive yang memiliki ruang penyimpanan sebesar 15 GB.

Cara Membuat Google Docs, Akses Secara Offline, Dan Membagikannya

Di Google Drive sendiri, kita bisa membagikan file unggahan dan membaginya ke pengguna lain. Caranya adalah dengan menggunakan link share.

Berbagi tautan sangat populer di kalangan orang yang menggunakan Google Drive. Namun, jika Anda baru mengenal fitur ini, Anda mungkin tidak tahu cara melakukannya.

Nah disini mimin akan membahas cara membuat link Google Drive untuk dibagikan secara detail. Bagi yang tertarik bagaimana hal ini dilakukan, silakan baca diskusi ini.

Cara Buat Link Dari Google Drive

Ada dua cara membuat tautan Google Drive untuk dibagikan. Pertama kita bisa membuatnya di PC/laptop dan kedua kita bisa membuatnya di ponsel android.

Mengenal Google Drive & Cara Penggunaannya

Ubahlah agar sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan, seperti menggunakan komputer atau ponsel Android. Silakan simak penjelasan langkah-langkahnya berikut ini:

Singkatnya, Anda dapat membuat tautan yang dapat dibagikan di Google Drive dengan memilih file yang ingin Anda bagikan, klik kanan pada file tersebut, dan pilih Dapatkan Tautan yang Dapat Dibagikan. Kemudian copy link yang muncul.

Langkah 1. Pertama, buka situs web Google Drive dan masuk dengan akun Gmail Anda.

Langkah 2. Kemudian klik tombol + Baru dan pilih Unggah File lalu telusuri file yang ingin Anda unggah.

Cara Membuat Link Berkas Di Google Drive Untuk Dibagikan Ke Orang Lain

Langkah 3. Setelah file berhasil diunggah, klik kanan pada file tersebut dan pilih Bagikan dan klik Bagikan lagi.

Langkah 4. Kemudian ubah akses umum dari terbatas menjadi semua orang yang memiliki tautan sehingga siapa pun yang menerima tautan dari file tersebut dapat melihat file yang diunggah ke Google Drive.

Langkah 5. Pada titik ini, tautan dalam file yang diunggah ke Google Drive sekarang tersedia untuk penerima tautan.

Cara Buat Link Dari Google Drive

Untuk melihat apakah tautan Google Drive dapat ditemukan, salin tautan tersebut dan tempelkan ke browser Anda.

Cara Upload Tugas File Folder Melalui Link Google Drive

Jika linknya tersedia maka tampilannya akan seperti gambar di atas. Namun jika belum, periksa kembali bagian Akses Umum untuk melihat apakah sudah diubah menjadi Siapapun yang memiliki tautan.

Selain membuat link Google Drive untuk dibagikan melalui PC/Laptop, Anda juga bisa menggunakan ponsel Android Anda untuk membuat link Google Drive.

Bedanya dengan menggunakan laptop, dengan hp android kita bisa membagikan link kapanpun dan dimanapun, dan cara ini juga bisa dibilang sangat mudah.

Poin pertama: Sebelum membahas cara membuat link Google Drive untuk dibagikan menggunakan ponsel Android, pastikan Anda sudah menginstal aplikasi Google Drive di ponsel Android Anda. Jika belum, instal dulu lewat Google Play Store.

Cara Membuat Link Download Dengan Google Drive Untuk Blog

Kedua, buka aplikasi Google Drive yang terpasang di perangkat Anda, lalu klik tombol File dan klik lagi tombol +, lalu pilih Tambah dan cari file yang akan diunggah ke Google Drive.

Keempat: Selanjutnya silahkan ubah login dari Banned menjadi Siapapun yang memiliki link tersebut agar orang dapat menemukan link tersebut untuk dibagikan.

Kelima: Jika sudah, Anda bisa klik ikon rantai untuk menyalin link untuk dibagikan nanti.

Cara Buat Link Dari Google Drive

Selain menggunakan aplikasi Google Drive, Anda juga bisa membuka Google Drive menggunakan browser bawaan ponsel atau Google Chrome.

Cara Upload File Ke Google Drive

Untuk membuat link Google Drive untuk dibagikan menggunakan web browser, prosesnya hampir sama dengan menggunakan PC/Laptop yang telah dibahas di atas.

Jika Anda ingin membagikan tautan dari file yang diunggah ke Google Drive, tautan tersebut mungkin tampak sedikit lebih panjang.

Jadi disini anda bisa memperpendek linknya terlebih dahulu. Cara lain yang sering mimin gunakan untuk memperpendek link adalah dengan menggunakan pemendek URL seperti Bitly.

Misalnya, tautan yang dibagikan panjangnya sekitar 20-25 karakter. Namun dengan memperpendek link, kita hanya bisa mengubah link tersebut menjadi 10 karakter saja.

Cara Membuat Link Google Drive Agar Bisa Diakses Semua Orang

Tautan yang Anda buat memiliki hasil yang beragam. Jika Anda ingin membuat tautan khusus, Anda dapat mencoba memperbarui akun Anda lebih lanjut.

Jika Anda ingin menggunakan ponsel Android, Anda dapat menginstal aplikasi bitly yang dapat diinstal di Google Play Store.

Ini adalah cara membuat link Google Drive untuk membagikan link dari suatu file dan dapat mengaksesnya. Tutorial ini diperuntukkan bagi yang masih belum mengetahui cara membuat link Google Drive untuk dibagikan.

Cara Buat Link Dari Google Drive

Mimin sendiri masih menggunakan Google Drive untuk menyimpan file atau dokumen lainnya karena aksesnya yang cepat dan mudah.

Cara Mudah Dan Praktis Menggunakan Google Drive

Saat kita menyimpan file ke Google Drive, kita dapat menemukan file yang disimpan tersebut menggunakan perangkat lain.

Jika kamu masih kurang paham mengenai pembelajaran mimin di atas atau ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar.

Dina Maharani adalah seorang penulis teknologi ahli dan menulis artikel di Android, iOS, Gaming, Laptop, dan Media Sosial. Cara menghubungkan Google Drive – Google Drive adalah layanan penyimpanan data terhubung yang diumumkan Google pada bulan April. 24 2012. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan data di server mereka sendiri, berbagi file dengan orang lain dan menghubungkan data ke perangkat yang berbeda.

Selain situs web, Google Drive menawarkan berbagai aplikasi dengan kemampuan offline untuk komputer Windows dan macOS, serta perangkat Android dan iOS.

Cara Membuat Link Di Google Drive Dan Membagikannya

Google Drive mencakup Google Dokumen, Google Slide, dan Google Spreadsheet, yang merupakan bagian dari editor Google Dokumen dan memungkinkan Anda mengelompokkan atau mengedit dokumen, presentasi, spreadsheet, formulir, gambar, dan lainnya sekaligus. Pembuatan dan pengeditan berbagai file di Google Docs akan disimpan di Google Drive.

Google Drive menawarkan penggunanya ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB dengan Google One. Google One, di sisi lain, menawarkan 100GB, 200GB, 2TB, 10TB, 20TB, dan 30TB, yang hadir dengan berbagai paket pembayaran opsional. File yang diunggah bisa berukuran hingga 5 terabyte.

Pengguna dapat mengubah pengaturan berbagai file dan folder, termasuk fitur untuk berbagi dengan pengguna lain atau membuat konten sosial.

Cara Buat Link Dari Google Drive

Selain itu, pengguna web juga dapat mencari gambar dengan mendeskripsikan tampilan visualnya, serta menggunakan bahasa sehari-hari untuk mencari suatu file.

Cara Membuat Soal Di Google Form Yang Harus Guru Tahu

Di sisi lain, web dan aplikasi Android menawarkan fitur cadangan

Cara buat link foto google drive, cara download file dari link google drive, cara buat link file di google drive, cara buat share link google drive, cara buat link google drive, cara buat link di google drive, cara buat link untuk google drive, buat link google drive, cara buat link video google drive, cara buat link download google drive, cara membuat link dari google drive, cara buat link google drive di laptop

Leave a Comment