Cara Buat Soal Google Form Di Hp

Cara Buat Soal Google Form Di Hp – Kami telah melakukan kegiatan belajar mengajar secara online selama lebih dari setahun. Tentu banyak hal yang perlu dikoreksi. Tidak terkecuali cara ujian dilaksanakan dan penilaian siswa.

Untuk memudahkan pengumpulan penilaian, Anda dapat mengandalkan Google Form yang merupakan layanan Google yang tersedia secara gratis. Kali ini blog akan membahas secara lengkap cara membuat Google Form di ponsel untuk Anda.

Cara Buat Soal Google Form Di Hp

Cara Buat Soal Google Form Di Hp

Google Form merupakan salah satu layanan dari Google yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan atau sering disebut dengan survei online. Google Form juga memiliki beberapa template yang bisa langsung digunakan. Anda hanya perlu menyesuaikan isi template sesuai dengan tujuan Anda.

Cara Membuat Soal Di Google Form Yang Harus Guru Tahu

Misalnya saja Google Forms yang sudah memiliki template khusus untuk kegiatan pembelajaran. Template yang disediakan juga memiliki berbagai fitur seperti jawaban pilihan ganda, jawaban singkat, dan jawaban esai.

Anda dapat membuat Google Form di komputer atau smartphone Anda. Namun pada artikel blog kali ini kami hanya akan membahas langkah-langkah melakukannya di smartphone. Berikut cara membuat Google Form di ponsel.

3. Formulir baru akan otomatis terbuka pada tampilan berikutnya. Bapak/Ibu dapat mengubah tulisan “Untitled Form” sesuai dengan tujuan dari Google Form ini. Misalnya “Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia”

4. Pada baris “Pertanyaan tanpa judul” Anda dapat memasukkan teks. Jika formulir ini dibuat untuk ujian online, dapat diisi dengan pertanyaan.

Cara Membuat Soal Online Di Hp Dengan Google Form

6. Setelah menuliskan soal dan menambahkan gambar jika diperlukan, langkah selanjutnya adalah memilih jenis soal. Google Forms telah memilih beberapa jenis pertanyaan, seperti:

7. Selanjutnya untuk pertanyaan atau data yang ingin dikumpulkan harus diisi, Anda dapat mengaktifkan opsi wajib yang ada di kanan bawah setelah mengisi kolom pertanyaan tanpa judul.

10. Atau Anda bisa memilih Pilih spreadsheet yang ada untuk menyimpan jawaban Google Sheets yang Anda buat sebelumnya.

Cara Buat Soal Google Form Di Hp

A. Jika Anda ingin mengirimkan formulir melalui email, Anda dapat memilih tombol berikutnya dan mengisi alamat email tujuan, judul email, dan isi pesan.

Panduan Lengkap Cara Membuat Google Form Di Hp Dan Laptop

B. Jika Anda ingin mengirimkan formulir sebagai tautan yang dapat diakses oleh siapa saja yang menerima tautan tersebut, Anda dapat memilih tombol berikutnya.

Demikianlah pembahasan blog tentang cara membuat Google Form di mobile. Semoga dapat bermanfaat untuk kegiatan belajar anda ya?

Jadi selain fitur Google, Anda juga bisa mencoba menggunakan fitur Premium School (QSP) untuk kegiatan belajar mengajar online Anda. Melalui QSP, kebutuhan guru dan siswa dapat terfasilitasi dengan baik karena fitur dan materi pembelajaran dapat diakses sepenuhnya.

Khawatir Anda tidak dapat menggunakan QSP secara maksimal? Jangan khawatir bapak/ibu, QSP menawarkan dukungan penuh melalui pendampingan selama satu tahun akademik dari awal hingga akhir. Bentuk bantuan tersebut berupa:

Cara Membuat Soal Dan Melihat Hasil Nilai Di Google Form

Tertarik mencobanya atau ingin informasi lebih lanjut? Anda dapat menghubungi QSP melalui telepon atau WhatsApp di 0811 1785 309 atau 0811 9941 637 atau kunjungi websitenya di sini.

Jika Anda ingin informasi terkini seputar dunia pendidikan, ikuti terus blognya! Tetap semangat dan tetap jaga kesehatan dimanapun anda berada. Kegiatan pembelajaran jarak jauh (DLL) menuntut guru memiliki kemampuan komputer yang memadai. Setidaknya kemampuan untuk bekerja dengan perangkat lunak atau aplikasi berbasis perkantoran. Salah satu manfaatnya adalah ketika guru perlu membuat soal ujian online untuk siswa.

Saat ini, mendesaknya penciptaan media pembelajaran digital ditujukan untuk memudahkan sistem pembelajaran online akibat pandemi Covid-19. Namun melihat tren kebutuhan media pembelajaran saat ini, media digital menjadi hal yang perlu dipertimbangkan untuk kebutuhan masa depan. Selain di masa pandemi Covid-19, media digital ini juga bisa dimanfaatkan, misalnya jika ada siswa yang tidak mampu (sakit, dll) mengikuti perkuliahan tatap muka, namun harus menunaikan tugasnya, salah satunya adalah adalah ujian yang harus diselesaikan. Jadi tidak ada salahnya guru mempelajari cara membuat soal online di ponsel menggunakan aplikasi online populer seperti Google Form. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Buat Soal Google Form Di Hp

Pertama, siapkan file soal ujian berupa file MS Word beserta file gambar yang dipisahkan dari file soal. Persiapan ini dimaksudkan untuk memudahkan guru memasukkan pertanyaan, pilihan jawaban, dan gambar ilustrasi jika tersedia.

Cara Membuat Google Form Di Hp Android Dan Ios, Sangat Mudah Dipraktikkan

Kemudian langkah selanjutnya adalah menyiapkan formulir online. Anda dapat membuka URL Google Drive di browser seluler Anda. Kemudian klik menu dengan simbol ≡ lalu pilih “Versi Desktop”. Sekarang tampilan Google Drive di browser seluler Anda akan berubah menjadi Google Drive versi desktop.

Kemudian klik tanda “+ Baru” dan akan muncul menu lain, lalu pilih dan klik “Google Forms”. Apabila layar ponsel terlalu kecil, silakan putar ponsel secara horizontal agar tulisan seperti berikut terlihat jelas:

Silakan masukkan judul soal ujian yang akan dibuat pada baris “Tanpa Judul”. Misalnya, “Ujian Bahasa Inggris 1, Soal Kelas 7, Term 1 TA. 2021/2022″.

Kemudian membuat form untuk mengisi identitas siswa seperti nama dan nomor absensi. Jika ada kelas paralel, Anda juga bisa menambahkan kolom kelas. Caranya, isi baris Untitled Question dengan Nama Siswa, lalu keluar dari baris Short Answer dan pindahkan tombol Requirement menjadi biru. Tombol wajib ini menyatakan bahwa pertanyaan harus dijawab dan tidak dapat diisi.

Cara Membuat Soal Di Google Form Dari Laptop Atau Hp, Kelar Dalam Hitungan Menit

Untuk menambahkan pertanyaan baru yaitu Nomor Absensi Siswa dan Kelas, klik tanda “+” di pojok kiri bawah layar ponsel Anda. Baris pertanyaan baru kemudian akan ditambahkan ke formulir. Isikan “No Absensi” sama seperti mengisi baris “Nama Siswa”. Untuk baris Kelas, lakukan hal yang sama seperti Anda menambahkan baris Tidak Ada Siswa yang Tidak Ada. Untuk soal kelas, Anda dapat meninggalkan pilihan Jawaban Singkat atau menggantinya dengan Pilihan Ganda untuk memberikan pilihan kelas di sekolah Anda.

Jika formulir ID Pelajar sudah mencukupi, klik tombol “=” di pojok kanan bawah layar ponsel untuk melengkapi halaman ID Pelajar.

Sama seperti sebelumnya, pada “Bagian Tanpa Judul”, silahkan diisi jenis pertanyaan yang akan diberikan kepada siswa. Contoh: “I. Soal pilihan ganda” Anda dapat mengosongkan baris “Deskripsi” atau mengisi informasi “Pilih jawaban yang benar dari pilihan jawaban yang tersedia”.

Cara Buat Soal Google Form Di Hp

Kemudian buatlah isi soal nomor 1. Klik tanda “+” di pojok kiri bawah, isikan soal sesuai dengan file soal yang telah anda siapkan. Untuk menambah pilihan jawaban, apabila baris jenis soal masih Short Answer, silahkan diubah menjadi Pilihan Ganda. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini:

Cara Buat Link Ujian Google Form Unik: Bucin, Kepolosan, Jomblo

Dalam pertanyaan ini, abaikan saja tombol “Wajib”. Artinya siswa tidak dapat mengisi jawaban, dan tentunya setiap soal yang tidak diisi akan dianggap salah oleh sistem.

Untuk menyelesaikan soal nomor 2, cukup lakukan cara yang sama seperti soal nomor 1. Jika semua soal pilihan ganda sudah dimasukkan, silakan selesaikan dengan mengklik tombol “=” di pojok kanan bawah. Dan sekarang Anda bersiap untuk pertanyaan pengisi.

Pada soal pilihan ganda ini, Anda dapat membuat kunci jawaban yang memudahkan Anda dalam mengoreksi hasil ujian siswa secara otomatis. Pada saat yang sama, siswa dapat langsung melihat nilainya setelah berhasil lulus ujian. Cara pengaturannya akan dijelaskan nanti di bagian Pengaturan Penting Google Form.

Anda dapat menambahkan gambar ilustrasi ke Google Formulir Anda. Baik itu satu gambar untuk satu soal, satu gambar untuk beberapa soal, atau jawaban pilihan ganda dalam bentuk gambar (biasanya digunakan untuk soal matematika).

Cara Memindahkan Soal Google Form Ke Pdf Di Hp & Laptop

Untuk mengunggah gambar ke form, Anda dapat mengklik ikon gambar (lihat contoh di bawah), lalu pilih gambar yang sesuai. Kemudian gambar tersebut dapat diberi judul “Gambar Soal Nomor 2 s/d 5” atau sesuai kebutuhan.

Kemudian tambahkan nomor soal menggunakan tombol “+” di pojok kiri bawah, lalu tulis pilihan soal dan jawabannya. Hasilnya terlihat seperti gambar di bawah ini:

Khusus untuk soal-soal dengan persamaan matematika tertulis atau tulisan huruf Arab (non-Latin), karena keterbatasan fitur Google Form, dapat menggunakan gambar untuk menampilkannya. Anda dapat menambahkan gambar pertanyaan dan pilihan jawaban. Bedanya dengan kasus diatas adalah untuk gambar pilihan jawaban, pada pilihan jawaban klik icon gambar untuk menambahkan gambar sebagai pilihan jawaban. Contoh hasilnya adalah sebagai berikut:

Cara Buat Soal Google Form Di Hp

Terkadang untuk pelajaran bahasa, beberapa pertanyaan berisi paragraf cerita yang dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan tersebut. Untuk menambahkan paragraf, Anda dapat mengklik tanda “TT” seperti terlihat pada gambar di bawah, lalu mengetikkan paragraf yang relevan.

Cara Membuat Google Form Di Hp Dan Pc (bergambar)

Untuk menambahkan paragraf kedua, ketiga dan seterusnya, lakukan hal yang sama seperti di atas. Anda dapat menambahkan sejumlah paragraf atau kata tanpa batas. Setelah Anda selesai menulis, tambahkan pertanyaan dan pilihan jawaban.

Setelah menyelesaikan soal pilihan ganda, Anda dapat menambahkan soal isian yang kosong. Pertanyaan ini bisa dalam bentuk singkat atau uraian.

Secara umum, pembuatan soal isian dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti membuat soal pilihan ganda. Anda cukup mengganti jenisnya dengan “Jawaban singkat” untuk jawaban singkat, dan “Paragraf” untuk uraian.

Khusus untuk soal uraian, siswa terkadang diminta menjawab dengan gambar. Misalnya, dalam suatu soal matematika, siswa diminta oleh guru untuk menggambar kurva persamaan kuadrat. Dalam hal ini Anda dapat memberikan jawaban berupa “Upload file”. Anda dapat membatasi jumlah file yang diunggah dan ukuran file.

Cara Buat Google Form Dengan Mudah Dan Cepat

Dan setelah selesai memasukkan soal, selesaikan dengan mengklik tanda “=” untuk berpindah ke bagian soal berikutnya. Atau jika semua soal sudah masuk, mulai dari pilihan ganda hingga soal uraian, hampir siap untuk dibagikan kepada siswa Anda. Langkah terakhir adalah pengaturan format yang akan dijelaskan di bawah ini.

Gulir layar ponsel Anda ke atas lalu klik 3 titik di pojok kanan atas layar ponsel Anda. Akan muncul pilihan menu, silakan pilih “Pengaturan” atau “Pengaturan”.

Di bagian “Pengaturan” di bawah tab “Umum”, harap centang kotak “Batasi satu jawaban” untuk membatasi 1 siswa agar menyerahkan jawaban ujian hanya satu kali.

Cara Buat Soal Google Form Di Hp

Kemudian klik pada tab “Quiz”, lalu hidupkan atau klik tombol “Buat Kuis ini” agar Anda dapat menjawab pertanyaan yang Anda buat. Berhasil

Cara Mudah Membuat Soal Di Google Form

Cara buat google form di hp, cara buat soal online di google form, cara buat soal essay di google form, cara cepat buat soal di google form, cara buat google form di hp android, cara membuat soal google form di hp, cara buat soal matematika di google form, cara buat link soal di google form, cara buat soal di google form di hp, buat soal di google form, cara buat soal di google form, buat soal google form di hp

Leave a Comment