Cara Membuat Artikel Blog Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Artikel Blog Yang Baik Dan Benar – Saat Anda mencari informasi di Internet, biasanya melalui mesin pencari Google, mesin pencari tersebut akan memberikan Anda informasi yang Anda butuhkan. Informasi tersebut disajikan dalam bentuk artikel tertulis pada website yang dapat diakses melalui koneksi Internet. Di sini Anda bisa bertanya bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar agar direkomendasikan oleh mesin pencari.

Padahal, menurut KBBI, yang dimaksud dengan artikel adalah suatu karya tulis yang lengkap, misalnya laporan berita atau karangan pada majalah, surat kabar, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa artikel pendek mengangkat topik-topik tertentu untuk menyampaikan pemahaman tentang realitas berupa fakta, konsep, dan pendapat tertentu.

Cara Membuat Artikel Blog Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Artikel Blog Yang Baik Dan Benar

Artikel yang baik harus objektif, namun banyak sekali artikel yang beredar di dunia maya yang merupakan berita bohong atau kurang kredibel. Dan sayangnya, banyak orang yang tidak mengecek isi artikel tersebut dengan data yang tersedia.

Bingung Membuat Review Artikel? Ini Contoh Review Artikel Yang Benar!

Isi artikel mungkin berbeda-beda. Artikel dapat berupa cerita, petualangan, temuan penelitian, tutorial atau tulisan tentang aksi. Sementara itu, gaya penulisan artikel dibagi menjadi dua jenis: gaya fiksi dan gaya nonfiksi.

Umumnya ada 5 langkah untuk membuat artikel. Lima langkah ini adalah cara untuk mempermudah penulisan artikel bagi penulis. Berikut 5 cara menulis artikel yang bagus.

Hindari topik yang terlalu umum. Jika topiknya masih umum, persempit lebih jauh dengan mencari turunan dari topik tersebut. Misalnya Anda ingin menulis artikel tentang sekolah. Topik ini sangat umum dan luas. Kemudian cari subtopik yang lebih spesifik, misalnya Kondisi Sekolah. Namun jika menurut Anda subtopik ini terlalu luas, Anda dapat mempersempitnya lebih lanjut dengan memilih topik seperti lingkungan sekolah atau iklim kegiatan belajar mengajar, atau bahkan teknik pengajaran di kelas. Artikel Anda tentang topik tertentu tidak panjang dan hanya akan membuat pembaca bosan di bagian akhir.

Setelah menemukan topik tertentu, langkah selanjutnya adalah menetapkan tujuan penulisan artikel tersebut. Kebanyakan artikel, terutama artikel naratif dan deskriptif, hanya menyatakan tujuannya secara tidak langsung, bukan secara langsung.

Cara Membuat Meta Deskripsi Di Blog, Harus Diketahui Blogger

Sasaran dapat ditetapkan berdasarkan topik tertentu. Misalnya, Anda memutuskan untuk menulis tentang teknik pengajaran di kelas. Dengan demikian, tujuannya jelas untuk memberikan informasi berupa teknik penyampaian materi dan cara memperlakukan siswa dengan karakteristik tertentu di dalam kelas.

Selain subtopik, tujuan penulisan juga dapat ditentukan dari sudut pandang pribadi penulis. Misalnya penulis menganalisis sekolah dari segi sistem pembelajarannya atau manajemen sekolahnya, atau sekolah sebagai unit bisnis sekolah swasta.

Dengan cara ini, Anda dapat menentukan tujuan penulisan artikel dan artikel yang Anda buat akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembacanya.

Cara Membuat Artikel Blog Yang Baik Dan Benar

Hal selanjutnya adalah mengetahui fakta terkait topik artikel. Penting sekali bagi penulis untuk meneliti data dan fakta sebelum menulis agar artikel dapat memberikan informasi yang benar dan obyektif.

Penulis Artikel Lepas Untuk Pemula

Meski isi artikel Anda fiksi, namun artikel tersebut akan terkesan aneh jika isinya tidak sesuai fakta. Misalnya, Anda menulis cerita tentang seseorang yang melihat bulan purnama di sepertiga terakhir bulan Ramadhan. Padahal, dalam penanggalan Qomariah, bulan purnama baru muncul pada pertengahan bulan, artinya bulan purnama hanya muncul pada hari ke-13, 14, dan 15 Ramadhan. Hal-hal seperti ini sebaiknya dihindari agar artikel Anda menjadi nyata, meskipun itu cerita fiksi.

Topik ini akan dibahas sesuai dengan jenis artikel yang ditulis. Untuk informasi lebih detailnya, Anda dapat membaca jenis artikel dan contohnya di bawah ini.

Kesimpulannya cukup penting. Apalagi jika artikel Anda panjang. Ringkasan merangkum poin-poin utama dari keseluruhan artikel Anda.

Tidak jarang kita menemukan orang yang mencari informasi dan menemukan artikel yang panjang dan malas membaca hanya dengan melihat scroll bar yang panjang. Mereka biasanya langsung menuju ke badan, kesimpulan, atau paragraf terakhir untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Cara Membuat Judul Artikel Yang Menarik Dan Bikin Orang Penasaran!

Untuk artikel SEO, melewatkan bagian kesimpulan akan merugikan penulis sendiri. Sebab jika bertemu dengan orang yang agak malas membaca artikel yang panjang dan tidak cepat mendapatkan informasinya, maka pembaca akan langsung meninggalkan artikel tersebut. Padahal isi artikelnya bagus. Menurut mesin pencari, artikel ini mendapat skor paling rendah karena tidak membuat orang menunda membuka artikel.

Jenis produk setidaknya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis artikel mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Jenis-jenis artikel dan penjelasannya dirinci di bawah ini:

Artikel ini berisi esai tentang opini pribadi, organisasi, dan institusi. Dasar penulisan biasanya berupa kritik terhadap suatu pendapat, kondisi atau kebijakan. Selain itu, penulis sering kali dengan jelas menyatakan pendapat pribadi atau kelompoknya dengan data untuk mendukung pendapat tersebut. Buatlah artikel menarik untuk dibaca dan memperoleh dukungan serta simpati pembaca.

Cara Membuat Artikel Blog Yang Baik Dan Benar

Dalam penulisan esai argumentatif ini penekanannya pada langkah ketiga dan keempat, yaitu menyajikan data dan fakta serta mengembangkan tema. Esai argumentatif harus mampu menyajikan data dan fakta yang mendukung pendapat pribadi atau kelompok. Jika perlu, Anda bisa sekaligus melemahkan pendapat orang lain. Pengecekan fakta menjadi kunci keberhasilan sebuah esai argumentatif karena menuntut penulis benar-benar menguasai topik yang diangkat. Jangan membuat pembaca merasa artikel Anda tidak relevan atau bahkan konyol karena ada satu atau dua fakta yang tidak benar.

Cara Membuat Blogspot Yang Simpel Bagi Pemula, Mudah Dan Gratis

Oleh karena itu, artikel argumentatif jenis ini merupakan artikel yang sulit bagi pemula. Namun bagi yang belum terbiasa, disarankan untuk mulai mencari fakta dan informasi yang benar sebelum menulis artikel argumentatif.

Seorang guru yang baik tidak hanya ditentukan oleh metode pengajaran yang tepat atau kemampuannya dalam memberikan ilmu kepada siswanya. Namun beliau dapat menjadi teladan bagi murid-muridnya dalam kehidupan sehari-hari.

Kita sering menjumpai siswa cerdas yang memahami materi pelajaran namun tidak dapat berkomunikasi satu sama lain. Hal ini terlihat dari pemberitaan bahwa 70% siswi di Kota Depok sudah tidak perawan lagi.

Topik ini hendaknya mendorong sekolah dan guru untuk memperhatikan pendidikan dari sudut pandang moral. Bahwa generasi penerus bangsa akan menjadi generasi yang berkualitas, baik kecerdasan maupun karakternya.

Cara Membuat Blog Pribadi Untuk Pemula, Instan & Mudah!

Esai deskriptif adalah esai yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai suatu fakta sehingga pembaca dapat memvisualisasikannya dalam pikiran. Suatu benda uraian ini dapat disebut benda gambar karena isinya mewakili sesuatu, baik itu kejadian, peristiwa, situasi, atau benda.

Sekolah saya adalah sekolah belajar mengajar yang baik. Menjadikan sekolah nyaman merupakan tugas bersama seluruh komponen sekolah.

Pada pagi hari, sebelum pelajaran dimulai, guru selalu menyapa siswa di depan sekolah. Para siswa pun menyambutnya dengan mencium tangan gurunya. Siswa selalu melakukan piket bersih-bersih setiap hari baik di dalam kelas maupun di depan kelas. Pembelajaran di kelas berjalan dengan baik. Tidak ada siswa yang keluar kelas tanpa izin guru. Di luar kelas hanya terlihat siswa yang sedang mengikuti pelajaran olah raga, sehingga suara-suara lain tidak mengganggu lingkungan belajar.

Cara Membuat Artikel Blog Yang Baik Dan Benar

Saat jam istirahat, sebagian waktu digunakan untuk beribadah, baik guru maupun siswa secara rutin menyelenggarakan sholat dzuhur bersama. Sisa waktu istirahat dihabiskan dengan makan di kantin dan beberapa siswa lainnya memilih mengunjungi perpustakaan.

Artikel Seo Friendly: Senjata Utama Para Blogger

Sore harinya, setelah pelajaran selesai, siswa pulang ke rumah dengan baik, terlebih dahulu menjabat tangan guru dan mengucapkan salam.

Ini adalah contoh artikel deskriptif yang berfokus pada urutan kronologis. Penulis ingin pembaca mempunyai gambaran tentang lingkungan belajar di sekolah penulis.

1. Semakin banyak indera yang terlibat, semakin baik artikel tersebut dan semakin banyak pembaca yang mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentangnya, bahkan mungkin merasakannya sendiri.

2. Jangan menambahkan opini pribadi ke postingan Anda. Karena artikel ini menggambarkan sesuatu, silakan gambarkan sesuatu apa adanya, sesuai dengan perasaan penulis.

Ingin Menulis Artikel? Ini Ciri Artikel Yang Baik Dan Benar

Tujuan dari artikel-artikel dalam pameran ini adalah untuk menjelaskan topik tersebut. Ini bisa berupa definisi, manfaat, bagian, manual, atau melakukan sesuatu atau proses terjadinya sesuatu.

Fitur artikel ini menyoroti poin-poin tertentu. Oleh karena itu, isi utama artikel ini adalah menggali fakta dan mengembangkan poin-poin penting.

Secara keseluruhan, artikel ini mudah untuk ditulis. Karena tidak memerlukan analisis yang mendalam. Jelaskan poin-poin penting dari topik tersebut dengan cara yang murni praktis. Ada banyak contoh artikel demo online. Panduan, artikel, dan artikel yang sedang Anda baca.

Cara Membuat Artikel Blog Yang Baik Dan Benar

Khusus untuk artikel ilmiah, penulisannya memang sedikit sulit, karena penulis perlu memahami definisi ilmiah dan mencari literatur yang terpercaya agar pembaca dapat yakin dengan tulisannya.

Leyla Hana: Cara Membuat Infografis Menarik Dengan Canva

Tujuan dari artikel jenis ini adalah untuk membicarakan suatu peristiwa atau situasi. Plot dapat disusun menggunakan urutan waktu atau urutan peristiwa. Bisa dibilang ini adalah artikel naratif.

Unsur 5W + 1H adalah: What (apa permasalahannya), Where (di mana kejadian itu terjadi), When (kapan kejadiannya), Who (siapa yang melakukannya atau siapa yang menceritakannya), Why (penyebab permasalahannya), Bagaimana (urutan kejadian apa yang menyebabkan masalah terselesaikan)?

Perhatikan bagaimana cerita tersebut berhubungan dengan fakta umum. Adanya pertentangan antara narasi dengan fakta umum menimbulkan perasaan aneh dalam diri pembaca dan cerita menjadi aneh.

Dalam artikel sejarah, penyajian konflik yang dialami tokoh diutamakan. Yang menarik dari artikel naratif tersebut adalah perjuangan para pahlawan dalam mengatasi konflik. Semakin sulit pertarungannya, semakin menarik artikelnya.

Mengupas Langkah Penulisan Artikel

Usahakan tidak menyinggung perasaan orang atau kelompok tertentu. Hal ini terutama berlaku untuk artikel non-fiksi. Karena tujuan artikel adalah untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat, bukan untuk menebar permusuhan, maka sebaiknya jangan menulis tentang hal-hal di sekitar seseorang atau kelompok. Jika menurut Anda sisi negatif dari karakter perlu ditampilkan, sebaiknya tulis sisi positifnya juga agar artikel terlihat lengkap (lakukan kedua sisi).

Anda bisa klik di sini untuk melihat contoh artikel naratif bergaya fiksi. Sedangkan contoh artikel nonfiksi naratif antara lain Ahmad Dahlan tentang pemikirannya tentang pendidikan Islam di Indonesia.

Isi artikel persuasif pada hakikatnya adalah membujuk atau membujuk orang lain agar melakukan atau menahan diri untuk melakukan sesuatu (bisa berupa benda atau kegiatan) sesuai keinginan penulis.

Cara Membuat Artikel Blog Yang Baik Dan Benar

Fokus

Prompt Chatgpt Untuk Menulis Artikel Dan Tutorialnya

Cara menulis artikel yang baik dan benar, cara pembuatan artikel yang baik dan benar, cara membuat blog yang baik dan benar, cara membuat artikel berita yang baik dan benar, cara membuat artikel ilmiah yang baik dan benar, artikel yang baik dan benar, membuat artikel yang baik dan benar, contoh artikel yang baik dan benar, cara membuat artikel dengan baik dan benar, cara penulisan artikel yang baik dan benar, cara membuat artikel yang baik dan benar, cara buat artikel yang baik dan benar

Leave a Comment