Cara Membuat Google Form Kuesioner Penelitian

Cara Membuat Google Form Kuesioner Penelitian – Menambahkan Skala Likert 5 Poin ke Google Formulir – Google Formulir adalah alat populer yang digunakan untuk membuat survei online, kuis, dan formulir lainnya. Dalam beberapa kasus, mungkin perlu menggunakan skala Likert 5 poin untuk memperoleh jawaban responden.

Skala Likert merupakan suatu metode pengukuran yang memungkinkan seseorang menilai suatu pernyataan atau pertanyaan dengan skala 5 poin mulai dari “Sangat Tidak Setuju” hingga “Sangat Setuju”. Artikel ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk menambahkan skala Likert 5 poin ke Formulir Google Anda.

Cara Membuat Google Form Kuesioner Penelitian

Cara Membuat Google Form Kuesioner Penelitian

Langkah pertama adalah membuat form baru di Google Forms. Untuk melakukan ini, masuk ke akun Google Anda dan buka Google Drive. Di Google Drive, klik tombol “+Buat” dan pilih “Google Formulir” untuk mulai membuat formulir baru.

Mengenal Apa Itu Google Form: Fungsi Dan Cara Membuatnya

Setelah membuat formulir baru, beri judul formulir berdasarkan topik survei atau kuis yang Anda buat. Judul ini muncul di bagian atas formulir dan memberikan gambaran tentang tujuan formulir tersebut.

Kemudian tambahkan pertanyaan yang ingin Anda sertakan dalam formulir. Untuk menambahkan pertanyaan baru, klik tombol “+” di samping “Pertanyaan” di bagian atas formulir.

Setelah menambahkan pertanyaan, klik “Pertanyaan” dan pilih “Skala Linier” dari menu tarik-turun. Ini mengubah jenis pertanyaan menjadi skala Likert.

Setelah mengubah jenis soal menjadi skala Likert, Anda dapat menyesuaikan skalanya sesuai kebutuhan. Biasanya skala likert mempunyai 5 pilihan jawaban “Sangat Setuju” dan “Sangat Setuju”. Anda dapat menyesuaikan label opsi jawaban dengan mengklik setiap opsi dan mengubah teksnya.

Panduan] Cara Membuat Kuesioner Penelitian, Format & Contoh

Jika Anda ingin menambahkan pertanyaan skala Likert, ulangi langkah 3-5 untuk setiap pertanyaan yang ingin Anda sertakan pada formulir.

Bila sudah menambahkan semua pertanyaan yang diperlukan, lengkapi formulir dengan menambahkan pertanyaan tambahan atau memberikan instruksi kepada responden. Anda juga dapat mengonfigurasi pengaturan formulir lainnya, seperti privasi, notifikasi, dan hak akses formulir.

Menggunakan skala Likert lima poin di Google Formulir dapat menjadi cara yang efektif untuk mengumpulkan tanggapan dari responden. Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah untuk menambahkan skala Likert 5 poin ke Google Formulir Anda.

Cara Membuat Google Form Kuesioner Penelitian

Dengan mengikuti petunjuk ini, Anda dapat dengan mudah membuat formulir yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi mulailah membuat formulir Anda dan kumpulkan data responden yang berharga!

Kuesioner Penelitian Kuantitatif, Panduan Praktis Untuk Peneliti Pemula

Cara Membuat Survei Google Form Cara Membuat Survei Google Form Cara Membuat Survei Google Form Cara Membuat Survei Google Form Cara Membuat Survei Google Form Cara Membuat Survei Google Form Cara Membuat Survei Google Form Likert Cara Membuat Survey Google Form Cara Membuat Survey Google Form dengan form di mobile Cara mengolah data survey dengan skala Likert Google Form di Google Form – Apakah anda ingin membuat survey atau kuisioner yang menggunakan skala likert di Google Formulir? Anda berada di tempat yang tepat! Artikel ini memandu Anda melalui langkah-langkah membuat pertanyaan skala Likert yang interaktif dan mudah digunakan di Google Formulir.

Pertama, buka Google Formulir dengan masuk ke akun Google Anda dan masuk ke Google Drive. Setelah masuk, klik tombol “+ Baru” di bagian atas layar dan pilih “Google Formulir” dari menu tarik-turun.

Setelah Anda membuat formulir baru, Anda dapat mulai membuat pertanyaan pertama pada skala Likert. Tulis pertanyaan Anda di bagian atas formulir dan pilih jenis jawaban dengan mengklik tombol “+” di sebelah pertanyaan.

Setelah menekan tombol “+”, pilih “Beberapa Pilihan” dari opsi yang muncul. Anda kemudian akan melihat daftar opsi di bawah pertanyaan Anda. Untuk mengubah pengaturan default ke skala Likert, klik “Edit” di sebelah opsi pertama.

Membuat Kuesioner Online

Setelah mengklik “Edit”, ganti teks yang dipilih dengan angka pada skala Likert. Misalnya, Anda bisa menggunakan angka 1-5 atau 1-7 tergantung skala yang Anda inginkan. Pastikan untuk menandai dengan jelas pilihan seperti “Sangat Setuju” dan “Sangat Setuju” atau “Sangat Buruk” dan “Sangat Baik”.

Setelah skala Likert ditetapkan untuk pertanyaan pertama, Anda dapat menambahkan pertanyaan lainnya dengan mengklik tombol “+ Pertanyaan” di bagian bawah formulir. Dengan cara yang sama, pertanyaan dapat dibuat pada skala Likert.

Anda juga dapat mengedit pertanyaan dengan menambahkan gambar, memilih tata letak yang berbeda, atau menggunakan fitur lain yang ditawarkan oleh Google Formulir. Jelajahi opsi yang tersedia untuk membuat formulir yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Membuat Google Form Kuesioner Penelitian

Tentu saja! Google Formulir memungkinkan Anda menyesuaikan skala Likert sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat menggunakan angka, kata atau simbol sebagai pilihan jawaban.

Begini Cara Membuat Kuesioner Penelitian Di Google Form

Secara default, Google Formulir hanya mendukung satu skala Likert per pertanyaan. Namun, Anda dapat membuat pertanyaan tambahan pada skala Likert yang berbeda jika diperlukan.

Setelah peserta melengkapi formulir, Anda dapat melihat hasilnya sebagai bagan atau spreadsheet yang terkait dengan formulir. Anda dapat dengan mudah menganalisis tanggapan menggunakan fitur analitik yang disediakan oleh Google Formulir.

Ya, Anda dapat mengubah tata letak pertanyaan skala Likert di Google Formulir. Anda dapat memilih tata letak yang berbeda untuk menampilkan jawaban atas pertanyaan dan opsi dengan cara yang lebih menarik dan mudah dibaca.

Google Formulir tidak memiliki batasan jumlah pertanyaan yang dapat Anda buat, termasuk pertanyaan berskala Likert. Anda dapat menambahkan pertanyaan ke formulir sebanyak yang Anda perlukan.

Petunjuk Pengisian Kuesioner

Pada artikel ini, kita membahas langkah-langkah membuat pertanyaan berskala Likert di Google Formulir. Dengan mengikuti petunjuk berikut, Anda dapat membuat survei atau kuesioner yang interaktif dan mudah digunakan. Anda bebas memodifikasi pertanyaan dan pilihan jawaban sesuai kebutuhan Anda. Selamat!

Membuat Survey Google Form Membuat Survey Google Form Membuat Survey Google Form Membuat Google Form Membuat Survey Google Form Membuat Survey Google Form Membuat Survey Google Form Membuat Survey Google Form Membuat Survey Google Form Cara membuat survey skala likert dengan Google Form fi Cara membuat survey dengan Google Form Cara Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form di Handphone Cara Mengolah Data Kuesioner dari Google Form Membuat kuesioner penelitian menggunakan Google Form sangatlah mudah untuk dilakukan, apalagi jika Anda ingin membuat kuesioner untuk penelitian tesis Anda untuk siswa yang

Dengan berjalannya waktu, saat ini pengambilan kuis di kertas yang dibagikan sudah sangat jarang dilakukan karena saat ini kita bisa menjawab kuis secara online.

Cara Membuat Google Form Kuesioner Penelitian

Selain menghemat waktu, pembuatan kuesioner penelitian di Google Form juga dapat menghemat biaya, karena kita tidak lagi menggunakan kertas untuk mengisi kuesioner.

Tutorial Cara Membuat Google Form

Selain digunakan untuk membuat presensi online atau kuis online, Google Formulir juga dapat digunakan untuk membuat survei online yang lebih canggih dan memiliki jangkauan yang luas.

Meski banyak orang yang sudah familiar dengan Google Form, namun masih ada saja yang belum mengetahui cara membuat kuesioner di Google Form.

Selain itu, Anda juga dapat mengambil data hasil survei dengan Google Form dan mengolahnya dengan software pengolah data seperti SPSS.

Di era digital saat ini, Google Form telah menjadi platform yang sangat berguna untuk mengumpulkan data dari responden dalam bentuk kuesioner.

Cara Membuat Dan Menggunakan Google Form

Selain kemudahan penggunaan dan kemampuannya mengelola pertanyaan, Google Formulir adalah pilihan populer bagi banyak orang saat membuat pertanyaan penelitian.

Google Form merupakan sebuah platform yang dimiliki oleh Google, dimana platform tersebut memiliki fitur-fitur bermanfaat yang memudahkan pekerjaan sehari-hari bagi penggunanya.

Contoh di atas adalah manfaat yang bisa kita peroleh dengan membuat formulir survei online Google Forms.

Cara Membuat Google Form Kuesioner Penelitian

Selain kelebihan-kelebihan yang disebutkan di atas, pembuatan kuesioner penelitian di Google Form bisa dikatakan gratis, tanpa biaya.

Cara Membuat Kuesioner Online Melalui Google Form, Praktis Dan Gratis

Kehadiran kuesioner online ini tentunya akan memudahkan dalam mendapatkan informasi dari responden tanpa harus melakukan perjalanan untuk mendistribusikan survei.

Langkah 2: Halaman Google Form memiliki banyak template yang dapat Anda gunakan. Template ini dapat digunakan sesuai kebutuhan Anda.

Namun, kami ingin membuat formulir menggunakan template kosong, jadi klik ikon dengan tanda + atau logo kosong untuk membuat formulir baru.

Langkah 3: Google Form memiliki banyak menu yang bisa Anda gunakan seperti menambahkan gambar, menambahkan video, dan masih banyak lagi fungsi menarik lainnya.

Cara Menambahkan Skala Likert 5 Poin Di Google Form Anda

Namun disini admin ingin membuat survey penelitian hanya dengan menggunakan Google Form saja, jadi masukkan judul dan deskripsi survey yang anda gunakan.

Langkah 4: Kemudian klik logo + di sisi kanan menu untuk menambahkan pertanyaan kuis Anda.

Kemudian akan muncul menu baru dimana Anda dapat mengubah pertanyaan Anonymous menjadi pertanyaan kuis Anda sendiri dan mengisi jawaban responden untuk opsi.

Cara Membuat Google Form Kuesioner Penelitian

Langkah 5: Ketika Anda telah menyelesaikan semua pertanyaan dan jawaban dalam survei online Anda, klik Kirim di sudut kanan atas layar.

Cara Gampang Membuat Google Form Di Laptop Serta Mengenal Fitur Fitur Google Form

Langkah 6: Kemudian akan terbuka jendela baru di mana Anda dapat mengirimkan survei online melalui email, link atau embed.

Jika Anda ingin mengirimkan kuesioner kepada responden melalui email, masukkan alamat email responden yang ingin Anda kirimi kuesioner.

Namun cara ini cukup lama dan memakan waktu bukan? Oleh karena itu, sebaiknya kirimkan kuesioner melalui tautan atau link yang dapat Anda bagikan kepada grup.

Jika Anda merasa URL terlalu panjang, Anda dapat mempersingkat URL dengan memilih Persingkat URL atau Shorten URL.

Cara Membuat Google Form

Langkah 7: Selamat, survei Google Formulir Anda telah selesai dan siap dibagikan. Untuk melihat jawaban responden, klik tab Answers atau Jawaban pada halaman Formulir.

Selain itu, Anda dapat mengaktifkan fitur notifikasi email jika responden sudah mengirimkan jawaban survei Anda.

Caranya sangat sederhana, klik ikon tiga titik dan akan muncul jendela baru. Kemudian pilih Terima pemberitahuan email untuk balasan baru.

Cara Membuat Google Form Kuesioner Penelitian

Setelah kuesioner dikumpulkan, kuesioner menyediakan fitur analisis bawaan Google Formulir

Cara Membuat Google Forms

Cara membuat kuesioner penelitian di google form, kuesioner penelitian google form, cara buat kuesioner penelitian di google form, cara buat kuesioner penelitian google form, cara membuat kuesioner penelitian google form, cara membuat kuesioner penelitian dengan google form, cara membuat kuesioner penelitian, kuesioner google form, bikin kuesioner google form, cara membuat g form kuesioner, cara membuat google form untuk kuesioner penelitian, contoh kuesioner penelitian google form

Leave a Comment