Cara Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form

Cara Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form – Cara Membuat Survei di Google Forms – Ada banyak sekali cara untuk membuat formulir online, mungkin sulit untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Mungkin yang terbaik dari semuanya, Anda sudah memilikinya dan dapat mengaksesnya secara gratis – layanan ini tersedia di Google Drive.

Drive adalah bagian dari setiap akun Google dan dikenal sebagai layanan penyimpanan cloud dan office suite Google. Salah satu fitur yang kurang dikenal adalah Google Formulir, alat untuk membuat formulir sesederhana atau serumit yang Anda inginkan. Baik Anda mengumpulkan alamat email, melakukan survei singkat di situs web Anda, atau membuat survei atau kuesioner layanan pelanggan yang mendalam, Formulir adalah alat yang sempurna untuk digunakan.

Cara Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form

Cara Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan cara memulai dan menggunakan Google Formulir. Berikut contoh pembuatan survey menggunakan Google Forms. Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat membuat berbagai jenis pertanyaan dengannya. Anda dapat mengubah pertanyaan berdasarkan tanggapan pengguna dan pada akhirnya bagaimana Anda dapat mengakses dan menganalisis data yang Anda peroleh. Kami juga menyediakan tangkapan layar singkat tentang cara menggunakan templat survei. Mari kita mulai.

Kuesioner Online Google Form, Ini Dia Cara Mudah Membuatnya !!

Jelajahi tangkapan layar ini untuk mempelajari cara menyiapkan templat survei Google Formulir dengan cepat sehingga Anda dapat mulai membuat dan mengirim survei menggunakan Google Dokumen:

Atau, pelajari cara membuat permintaan baru dari awal menggunakan Formulir Google Dokumen dengan mempelajari proses langkah demi langkah di bawah.

Anda sekarang berada di halaman formulir utama. Di bagian atas formulir Anda akan melihat tiga (3) tab. Satu tab disebut Pertanyaan, satu disebut Jawaban, dan yang lainnya disebut Pengaturan. Pada tahap ini, Anda akan memformat pertanyaan dan jawaban secara mandiri dengan mengklik setiap tab.

Untuk keperluan contoh ini, saya akan menunjukkan cara mengubah pengaturan respons. Klik ikon dropdown di bagian presentasi untuk melihat opsi di sana. Di bagian ini, Anda dapat menetapkan aturan untuk menampilkan peringatan acak, status kemajuan, dll.

Cara Mudah Buat Google Form Menggunakan Smartphone, Bisa Bikin Kuis

Survei Google Formulir dibagi menjadi beberapa bagian, namun tentu saja Anda hanya memiliki satu bagian untuk memulai. Nama bentuk dan deskripsinya ada di bagian atas; hanya satu klik untuk menambahkan teks Anda.

Klik teks FormUntitled untuk membuat judul kueri. Kemudian klik teks deskripsi form untuk memberikan informasi tentang survei yang dibuat

Teks yang Anda ketikkan secara otomatis akan menggantikan teks default di atas. Anda sekarang siap untuk menambahkan pertanyaan pertama Anda.

Cara Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form

Klik tombol “Pertanyaan Anonim” untuk menulis pertanyaan. Klik ikon “Lainnya” (yang terlihat seperti tiga titik vertikal) di pojok kanan bawah dan tambahkan Deskripsi jika Anda memerlukan penjelasan pertanyaan (opsional).

Cara Mudah Membuat Soal Pilihan Ganda Dengan Google Form Disertai Nilai Otomatis

Pertanyaan pilihan ganda ditetapkan secara default, namun ada sebelas (11) jenis masukan berbeda yang didukung oleh Google Formulir.

Di bagian ini, kita akan melihat pertanyaan survei Google Formulir yang dapat Anda tentukan. Menu tarik-turun Jenis Pertanyaan akan muncul di bawah. Gunakan menu tarik-turun Jenis Pertanyaan untuk memilih jenis pertanyaan.

Klik ikon Lainnya (terlihat seperti tiga titik vertikal) di pojok kanan bawah untuk memastikan mereka telah memasukkan alamat email yang valid. Klik atau centang tombol Verifikasi Data.

Pilih Teks dari menu tarik-turun untuk spasi pertama dan alamat email untuk spasi kedua. Dalam teks kesalahan khusus Anda, masukkan bagian kosong “Silakan masukkan alamat email yang valid”.

Tutorial] Cara Membuat Google Form Dan Cara Melihat Hasilnya, Lengkap

Jadikan pertanyaan itu wajib dengan menggeser tombol di sebelah kata “Wajib” di pojok kanan bawah ke kanan. Bintang merah akan muncul di sebelah pertanyaan survei untuk menunjukkan bahwa pertanyaan tersebut wajib diisi.

Jenis pertanyaan ini memerlukan jawaban yang lebih panjang, seperti komentar atau masukan umum. Di bawah ini adalah contoh pertanyaan paragraf.

Google Formulir menyediakan daftar jawaban atas pertanyaan pilihan ganda, yang mana pengguna hanya dapat memilih satu. Tambahkan jawaban pertama di atas tab opsi 1, lalu klik teks opsi berikutnya untuk menambahkan jawaban kedua, dan seterusnya. Anda juga bisa melakukannya. klik tombol Tambah Lainnya untuk menambahkan spasi di akhir daftar. Pengguna dapat menambahkan pilihan jawabannya sendiri di sana.

Cara Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form

Ini adalah daftar pilihan ganda lainnya, kali ini pengguna dapat memilih lebih dari satu jawaban. Seperti halnya pertanyaan pilihan ganda, masukkan daftar jawaban dan gunakan opsi Lainnya jika diperlukan.

Cara Membuat Soal Di Google Form Yang Harus Guru Tahu

Anda dapat menentukan jumlah tanggapan minimum, maksimum, atau persisnya dengan menggunakan opsi “Periksa Data” di menu tarik-turun pada ikon “Lainnya” di sudut kanan bawah pertanyaan.

Ini adalah pertanyaan gaya pilihan ganda yang disajikan dalam format daftar drop-down. Pengguna hanya dapat memilih satu jawaban dan tidak dapat menambahkan pilihannya sendiri. Ini lebih baik untuk pertanyaan absolut seperti rentang usia daripada pertanyaan berdasarkan opini. .

Skala linier meminta responden menilai diri mereka sendiri dalam skala satu sampai lima. Anda dapat memperluas skalanya sebanyak sepuluh dan memilih untuk memulai dari nol jika tidak ada skala. Anda harus memberikan label untuk skor terendah dan tertinggi. skala panduan “Seberapa puaskah Anda dengan layanan yang Anda terima?” Pertanyaannya bisa menjadi contoh. Untuk skor 1 diberi label “Tidak Puas” dan untuk skor 5 diberi label “Puas”.

Opsi skala linier berfungsi untuk beberapa pertanyaan, namun Anda hanya dapat menambahkan satu pertanyaan dalam satu waktu. Buat lebih banyak pertanyaan dengan cepat dengan mengklik tombol “Gandakan” di bagian bawah pertanyaan (terlihat seperti dua halaman), lalu masukkan kembali “Judul Pertanyaan” di halaman bawah. sebuah salinan

Cara Membuat Google Forms Dengan Mudah Di Komputer Dan Smartphone

Bidang multi-pilihan memungkinkan pengguna untuk memilih opsi beberapa pilihan yang telah ditentukan sebelumnya. Ini bagus jika Anda ingin pengguna memberi peringkat pada daftar item menggunakan pilihan yang sama.

Setelah Anda selesai menulis setiap pertanyaan, klik ikon Tambah Pertanyaan (+) di pojok kiri bawah untuk menambahkannya dan mulai pertanyaan lain dengan memilih jenis pertanyaan dari daftar.

Ikon Tambah Bagian(=) di pojok kanan bawah memungkinkan Anda menambahkan bagian baru (judul bagian). Ini akan membantu Anda mengatur kueri yang lebih panjang. Setidaknya, yang terbaik adalah menjawab pertanyaan tentang informasi pribadi di bagian “Informasi Pribadi”. .

Cara Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form

Bagian juga berguna untuk membuat kueri yang lebih dinamis yang menampilkan pertanyaan berbeda berdasarkan respons pengguna.

Cara Membuat Google Form Di Hp Ternyata Mudah Dan Sederhana! Coba, Yuk!

Berikut ini contohnya: Buat survei teknologi yang menanyakan orang-orang tentang penggunaan ponsel dan tablet mereka. Anda dapat membuat survei dapat disesuaikan dengan membagi pertanyaan menjadi tiga bagian.

Pilih “Buka berdasarkan jawaban” dari menu tarik-turun “Lainnya” di pojok kanan bawah pertanyaan. Untuk opsi 1, pilih Buka bagian berikutnya. Untuk Opsi 2, buka Pilih Bagian 3 (Tentang Anda).

Dalam contoh ini, jika seseorang menjawab ya pada pertanyaan di bagian 1, hal itu akan mengarah ke pertanyaan telepon di bagian 2, yang akan mengarah ke bagian 3.

Jika Anda menjawab Tidak di Bagian 1, lewati pertanyaan tentang ponsel Anda dan jawab langsung pertanyaan tentang diri Anda di Bagian 3.

Monitoring Dan Evaluasi Mengenai Pembelajaran Daring(online) Dengan Instrumen Google Form Kepada Sekolah Tk, Sd Dan Smp Se Kabupaten Tabanan.

Metode ini membantu memastikan bahwa survei Anda tetap relevan bagi peserta dan menjaga integritas data yang dikumpulkan selama proses berlangsung.

Ubah urutan pertanyaan dan bagian dengan mengarahkan dan menyeretnya. Untuk menguji formulir kapan saja, klik tombol “Pratinjau” di menu tarik-turun “Lainnya” di bagian atas layar.

Jika semua pertanyaan berhasil, edit pesan konfirmasi yang dilihat pengguna saat mereka menyelesaikan survei. Anda dapat mengakses pesan konfirmasi dari menu Lainnya di bagian atas layar. Ucapkan terima kasih kepada pengguna yang telah berpartisipasi dalam survei yang dibuat dan klik . Menyimpan

Cara Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form

Setelah survei selesai, Anda siap untuk berbagi. Klik ikon Kirim (terlihat seperti pesawat kertas) di sudut kanan atas layar. Formulir pengiriman akan ditampilkan.

Tutorial Cara Membuat Kuesioner Online Di Google Form

3. Klik ikon Sematkan HTML untuk menyematkan formulir di situs web Anda. Ubah lebar dan tinggi formulir agar sesuai dengan halaman web Anda (yang paling penting). Klik tombol Salin untuk menyalin kode dan menempelkannya di situs web Anda.

Anda selalu dapat memeriksa hasilnya. Jika Anda memilih untuk mengekspor data ke Google Spreadsheet, klik ikon Excel berwarna hijau di samping tiga titik vertikal.

Google Spreadsheet juga dapat dikonfigurasi untuk mengirimkan pemberitahuan real-time ketika jawaban survei baru tersedia. Klik tombol elipsis vertikal untuk menampilkan kotak dialog Tetapkan Aturan Pemberitahuan:

Anda juga dapat melihat tanggapan survei melalui Google Docs. Klik pada tab Jawaban. Klik tombol Ringkasan untuk melihat semua informasi yang ditampilkan dalam bagan dan grafik yang mudah dibaca.

Cara Membuat Dan Menggunakan Google Form

Jika Anda menyimpan hasil survei di spreadsheet Spreadsheet, Anda dapat melihat hasilnya dengan membuka Google Drive dan mencari spreadsheet yang terkait dengan survei tersebut.

Sebaiknya jangan mengedit spreadsheet secara langsung, namun Anda dapat menyalin dan menempelkan data ke spreadsheet atau dokumen lain untuk dianalisis nanti. Berikut adalah spreadsheet setelah diformat. .

Setelah Anda menerima tanggapan yang cukup, Anda dapat menutup survei. Pada tampilan Balasan, geser tombol ‘Menerima Balasan’ ke kiri dan akan berubah menjadi ‘Larang Balasan’. Anda dapat menambahkan pesan singkat bahwa survei telah ditutup dan tentunya Anda dapat mengaktifkan formulir tersebut kapan saja.

Cara Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form

Google Formulir di Google Drive adalah alat canggih yang mampu membuat survei paling kompleks. Ini juga cukup intuitif sehingga jika Anda ingin menjalankan survei atau kontes cepat, Anda dapat menyelesaikannya dalam hitungan menit.

Pemanfaatan Teknologi Digital Google Form Sebagai Daftar Hadir Dan Sekaligus Mencetak Sertifikat Pada Kegiatan Webinar Direktorat Ppg

Terintegrasi penuh dengan Google Docs dan layanan Google lainnya menjadikannya lebih unggul dibandingkan alat pembuatan survei lainnya. Ini berarti Anda dapat berkolaborasi dengan orang lain untuk membuat survei atau berbagi produk jadi dengan orang-orang tertentu dan kemudian menggunakan kecanggihan spreadsheet. untuk menganalisis jawaban Anda.

Yang terbaik dari semuanya, ini cocok untuk digunakan dalam skenario apa pun, seperti mengirim undangan pernikahan, dan juga berguna untuk menghasilkan umpan balik pelanggan yang penting bagi bisnis. Cobalah dan beri tahu kami di komentar di bawah. masalah dengan itu.

Cara membuat survey di Google Form Cara membuat survey di Google Form. Membuat Survey Google Forms Cara Membuat Survey Google Forms Skala Likert Cara Membuat Survey Google Forms Cara Membuat Survey Google Forms di Mobile Google Forms Cara Mengolah Data Survey Skala Likert Google Forms – Ingin membuat survey atau kuisioner menggunakan skala Likert Google Formulir? Anda berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat pertanyaan skala Likert yang interaktif dan mudah digunakan di Google Formulir.

Pertama, buka Google Formulir dengan masuk ke Akun Google Anda dan mengakses Google Drive. Setelah masuk, klik tombol “+ Baru” di bagian atas layar dan pilih “Google Formulir” dari menu tarik-turun.

Mau Bikin Kuesioner Dengan Google Form, Ikuti Langkah Langkah Berikut!

Cara membuat kuesioner google form, cara membuat kuesioner dengan google form, bagaimana cara membuat kuesioner di google form, cara membuat form kuesioner, membuat kuesioner dengan google form, cara membuat kuesioner di google form, cara membuat kuesioner online google form, cara membuat google form untuk kuesioner penelitian, cara membuat kuesioner penelitian di google form, cara membuat google form untuk kuesioner, membuat kuesioner di google form, cara membuat kuesioner penelitian google form

Leave a Comment