Istri Nikah Siri Dapat Warisan Menurut Islam

Istri Nikah Siri Dapat Warisan Menurut Islam – Perkawinan siri merupakan perkawinan yang tidak dicatatkan secara resmi, dalam hal ini di Kantor Urusan Agama (KUA). Oleh karena itu, tidak mempunyai kekuatan hukum khususnya bagi ibu dan anak.

Berdasarkan laman resmi Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan, pernikahan tersebut harus diresmikan oleh pimpinan PPN/KUA atau selebran yang ditunjuk Kementerian Agama.

Istri Nikah Siri Dapat Warisan Menurut Islam

Istri Nikah Siri Dapat Warisan Menurut Islam

Sebab dianggap melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 1946 yang menyatakan bahwa setiap perkawinan harus diawasi oleh petugas pencatatan perkawinan dan diancam dengan pidana denda dan pidana penjara fisik.

Konsultasi Hukum, Nikah Sirih Agar Bisa Nikah Sah Secara Hukum

1. Tunggu hari yang tepat untuk mendaftarkan pernikahan Anda ke AMC dengan alasan tidak terjadi perzinahan selama masa tunggu tersebut.

2. Kedua belah pihak atau salah satu calon pengantin pria belum siap karena masih bersekolah/perguruan tinggi atau masih terikat dengan komitmen kerja (sekolah) dan tidak boleh menikah terlebih dahulu.

Di pihak orang tua, tujuan perkawinan ini adalah untuk menciptakan ikatan formal dan menghindari perbuatan-perbuatan yang melanggar ajaran agama, seperti perzinahan.

3. Kedua-duanya atau salah satu calon mempelai laki-laki belum cukup umur/dewasa, sedangkan orang tua menghendaki adanya perjodohan di antara mereka agar calon mempelai pria tidak menikah lagi dengan pihak lain dan calon mempelai wanita. tidak direkomendasikan oleh orang lain.

Pdf) Aspek Sosiologis Tindak Pidana Perzinaan Atas Suami Yang Nikah Dibawah Tangan (siri) Tanpa Izin Poligami

4. Sebagai jalan keluar untuk mempunyai anak, apabila isteri yang ada belum mempunyai anak dan perkawinan itu sah, undang-undang atau peraturan-peraturan lain melarangnya, baik dalam urusan perkawinan maupun urusan pekerjaan atau pekerjaan.

5. Wajib karena calon pengantin pria sedang bersenang-senang dengan wanita yang dicintainya. Karena laki-laki itu tidak siap menyembunyikan kemalangannya, maka perkawinan siri pun dilakukan.

Selain itu, ada pula yang merasa jera dengan kenyataan bahwa perempuan tersebut masih menjalin hubungan formal dengan laki-laki lain, dengan anggapan bahwa menurut hukum agama ia adalah seorang janda, namun tidak mengajukan gugatan cerai.

Istri Nikah Siri Dapat Warisan Menurut Islam

6. Dia menghalalkan secara agama laki-laki yang menikah karena sulit meminta izin, atau karena tidak berani meminta izin kepada istri pertama, atau karena tidak enak hati dengan mertuanya.

Apa Itu Nikah Siri, Pengertian, Dampak, Dan Hukumnya Di Indonesia? Halaman All

Pasal 1 Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 menyatakan bahwa perkawinan adalah ikatan batin dan lahiriah antara seorang laki-laki dan seorang perempuan demi terjalinnya keluarga bahagia dan kekal berdasarkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Oleh karena itu, sepanjang perkawinan itu dilangsungkan menurut asas-asas agama orang tersebut, maka perkawinan itu sah menurut hukum, baik perkawinan itu dilangsungkan di hadapan pejabat yang ditunjuk secara sah atau tidak (secara tertutup atau tidak). . ). secara pribadi).

Namun permasalahannya adalah terkait pembuktian adanya perkawinan, yang menurut peraturan perundang-undangan hanya dapat dibuktikan dengan kutipan akta nikah yang dikeluarkan oleh pegawai Badan Statistik Vital atau kutipan akta nikah. kantor status sipil.

Oleh karena itu, apabila perkawinan itu tidak dilangsungkan di hadapan pejabat yang berwenang, maka perkawinan itu sulit dibuktikan karena tidak dicatatkan pada instansi yang berwenang, sebagaimana diatur dalam Pasal 2 ayat (2) Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974. .

Isbat Nikah (cara Meresmikan Pernikahan Siri)

Merujuk pada Jurnal Sosiologi yang ditulis oleh Sri Hilmi Pujihartati dari FISIP Universitas Sebelas Maret (UNS), nikah siri bukanlah suatu perbuatan hukum utuh dalam sudut pandang hukum positif karena tidak dicatatkan secara resmi pada pemerintah. dokumen.

Setiap warga negara Indonesia yang hendak mencatatkan perkawinannya di KÜA atau Kantor Catatan Sipil harus memperoleh akta atau surat nikah.

Akibat hukum perkawinan siri timbul apabila terjadi perceraian, yaitu isteri kesulitan memperoleh hak atas harta bersama apabila suami tidak menyerahkannya.

Istri Nikah Siri Dapat Warisan Menurut Islam

Selain itu, jika suami meninggalkan warisan karena meninggal dunia, maka sangat sulit bagi istri dan anak untuk mendapatkan hak atas warisan tersebut.

Apa Anak Hasil Nikah Siri Bisa Dapat Warisan?

Pada saat yang sama, artikel Pujihartati juga menguraikan beberapa dampak positif dari perkawinan siri yang beritikad baik, antara lain:

Perkawinan secara Islam sah apabila telah terpenuhi pokok-pokok dan syarat-syarat perkawinan secara agama, yang diatur oleh fikih Munakahat.

Jika kelima rukun tersebut ada dan masing-masing rukun memenuhi syarat, maka perkawinan itu sah menurut hukum agama.

Namun agar perkawinan tersebut mendapat pengakuan resmi pemerintah, maka perkawinan tersebut harus dicatatkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hukum Nikah Siri Dalam Islam Dan Negara

Bagi umat Islam, yang berwenang melakukan pencatatan perkawinan adalah Petugas Pencatatan Nikah Daerah AMC, baik pada saat perkawinan maupun atas perintah pengadilan bagi yang perkawinannya tidak dilakukan di bawah pengawasan pejabat yang berwenang. .

Dapatkan berita pilihan dan berita terkini setiap hari di . Bergabunglah dengan grup Telegram “Pembaruan Berita”, ikuti tautan https://t.me/comupdate dan bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Berita Terkait Cara cek status PeduliLindungi agar bisa masuk mall. ABK ini ditemukan di pulau terpencil dua hari setelah hilang di laut INFOGRAFIS: Syarat anak di bawah 12 tahun bisa masuk mal. Syarat masuknya anak di bawah usia 12 tahun Pusat perbelanjaan Sejarah negara dan umat manusia. Buzzy dirancang untuk semua penerbit dan majalah modern.

Istri Nikah Siri Dapat Warisan Menurut Islam

Jangan terkecoh dengan judulnya: artikel ini tidak mempromosikan indahnya pernikahan atau menganjurkan Anda untuk menikah secepatnya. TIDAK! Sebenarnya Anda sedang diajak dalam sebuah perjalanan untuk menentukan masa depan Anda ketika menikah, namun yang terpenting terletak pada pernikahan itu sendiri.

Pdf) Makna Yuridis Status Hukum Hak Waris Anak Hasil Dari Perkawinan Siri Menurut Kompilasi Hukum Islam

Pernikahan memang tidak memerlukan biaya yang besar, apalagi kalau pernikahanmu di AMC pastinya gratis. Sebab, yang menjadi rukun nikah hanyalah calon suami, calon istri, wali nikah, saksi-saksi dan ijab kabul. Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan calon pasangan menunda pernikahannya. Ada juga yang memutuskan menikah secara distribusi.

Perkawinan di bawah umur adalah perkawinan yang dilakukan berdasarkan aturan agama atau adat istiadat dan tidak dicatatkan pada kantor catatan sipil. Dalam hal ini, AMC untuk umat Islam dan Kantor Statistik Vital untuk non-Muslim. Dalam masyarakat kita, hal ini sering disebut dengan nikah siri. Arti istilah nikah siri telah berubah. Yang dimaksud dengan nikah siri sebenarnya adalah perkawinan yang dilangsungkan secara sembunyi-sembunyi atau sembunyi-sembunyi. Namun yang terjadi di masyarakat, pernikahan siri tetap dilakukan secara terbuka, atas undangan rekan kerja, saudara, dan tetangga.

Menurut Wahba Zuhail, perkawinan syria adalah perkawinan yang pihak mempelai laki-laki meminta agar para saksinya merahasiakannya dari keluarga mempelai wanita, para saksi dan masyarakat. Menurut Ibnu Hazm, pernikahan Suriah adalah pernikahan yang diketahui oleh kurang dari dua orang; tetapi bila lebih dari dua maka perkawinan itu bukan perkawinan siri. Hal ini berbeda dengan pendapat Mahmoud Saltut yang menyatakan bahwa pernikahan Suriah adalah pernikahan tanpa saksi, tanpa pengumuman, dan tanpa pencatatan resmi.

Akad nikah tanpa kehadiran orang tua wali, pernikahan ini hanya melibatkan mempelai wanita, mempelai pria, dua orang saksi dan seorang guru atau pendeta. Memang benar perkawinan ini tidak sah menurut agama dan negara; Bagaimanapun juga, wali nikah merupakan salah satu unsur keharmonisan keluarga. Meski ada guru atau pendeta yang berperan sebagai pembina pernikahan; pada saat yang sama, dia bukanlah orang yang berkuasa dan tidak berhak menikah.

Itsbat Nikah Pengadilan Agama

, perkawinan yang seluruh syarat perkawinannya telah terpenuhi tetapi belum dicatatkan secara resmi. Pernikahan ini sah menurut agama, namun tidak diakui oleh negara.

Meskipun agama atau adat istiadat dianggap sah, namun perkawinan yang dilakukan tanpa sepengetahuan dan kendali kantor catatan sipil tidak mempunyai kekuatan hukum dan dianggap batal di mata hukum. Lalu apa akibat dari pernikahan rahasia? Pernikahan klandestin mempunyai dampak yang sangat merugikan bagi perempuan, baik secara hukum maupun sosial. Secara hukum, ia tidak dianggap sebagai istri yang sah, ia tidak berhak atas nafkah suami-istri atau warisan, dan ia juga tidak berhak membagi harta jika terjadi perceraian, karena secara hukum perkawinan itu dianggap tidak sah.

Akibat yang dialami perempuan secara sosial adalah mereka kesulitan bersosialisasi; bagi perempuan yang melakukan perkawinan tertutup seringkali dianggap tinggal serumah dengan laki-laki yang belum menikah, atau sebagai kekasih. Sementara itu, putusnya perkawinan di bawah umur bagi anak mempunyai dampak negatif terhadap status anak yang dilahirkannya di mata hukum, yaitu:

Istri Nikah Siri Dapat Warisan Menurut Islam

Jadi bagaimana pengaruhnya terhadap pria? Terdapat sedikit dampak yang mengganggu atau merugikan bagi suami dan istri yang melakukan perkawinan sukarela atau tidak dicatatkan, karena pasangan tersebut dapat menikah lagi. Suami bisa lalai dan melalaikan tanggung jawabnya dalam menafkahi istri dan anak-anaknya tanpa mau repot-repot membagi harta bersama, warisan, dan sebagainya.

Pdf) Nikah Sirri; Prespektif Hukum Islam Dan Hukum Perkawinan Nasional

Sayangnya, wanita terkadang tidak menyadari dampak yang dialaminya. Saya hanya ingin pernikahan siri tanpa registrasi resminya. Ada wanita yang terpelajar namun paham dan siap menanggung akibat pernikahan ini. Jadi bisa kita simpulkan bahwa pernikahan bisa menentukan masa depanmu. Tapi Nia, mau nikah siri atau nikah resmi? Demikian pertanyaan pembaca “Advokaat Detiku” yang dikirimkan melalui email: [email protected] dan [email protected]. Inilah pertanyaan lengkapnya:

Saya seorang muslimah, menikah dengan seorang laki-laki yang masih perawan, namun saya sudah mempunyai tiga orang anak (2 laki-laki dan 1 perempuan) dari nikah siri dengan perempuan lain. Tapi dia putus sebelum menikah denganku.

Saya ingin bertanya apakah anak istri keduanya berhak mewarisi harta yang diperolehnya setelah menikah dengan saya?

Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, tim kuasa hukum Detika meminta pendapat hukum kepada kuasa hukum Rizki Rahmawati Pasarib, SH., LL.M. Inilah jawaban lengkapnya:

Nikah Siri Apa Sih Hukumnya

Perkawinan sah yang dimaksud telah dilangsungkan menurut hukum agama atau kepercayaannya dan didaftarkan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Pasal 2 UU Perkawinan).

Dengan demikian, perkawinan yang sah tidak termasuk perkawinan yang dilakukan secara siri (yaitu hanya secara agama dan tidak dicatatkan secara sah).

Dengan demikian, menurut ketentuan Pasal 42 UU Perkawinan, anak yang lahir dari perkawinan siri tidak termasuk dalam kriteria anak sah.

Istri Nikah Siri Dapat Warisan Menurut Islam

Seorang anak tidak dapat menjadi ahli waris bapaknya apabila bapaknya belum mengajukan permohonan ke pengadilan untuk mengakui anak tersebut. Rizki Rahmawati, pengacara

Dasar Hak Anak Sirih

Di bawah ini adalah peraturan mengenai kedudukan anak.

Leave a Comment