Cara Membuat File Untuk Lamaran Kerja

Cara Membuat File Untuk Lamaran Kerja – Arus informasi yang begitu cepat membuat setiap orang berlomba-lomba menyeimbangkan kehidupan sosialnya dengan teknologi. Tidak dapat disangkal bahwa teknologi yang meningkatkan kinerja individu sangat bermanfaat baik bagi individu maupun perusahaan.

Saat ini, beberapa perusahaan mengharuskan lamaran pekerjaan dikirim melalui email saja. Selain menghemat uang dan waktu, hal ini membantu mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan.

Cara Membuat File Untuk Lamaran Kerja

Cara Membuat File Untuk Lamaran Kerja

Namun, beberapa pelamar kerja yang tidak memahami tips mengirim lamaran kerja melalui email mungkin ragu untuk mempekerjakan Anda. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengetahui poin-poin penting dalam mengirimkan surat lamaran melalui email.

Tips Dan Panduan Cara Mengisi Surat Lamaran Kerja Beli Di Fotocopy

Oleh karena itu, artikel ini akan membantu Anda memahami cara mengirimkan lamaran Anda melalui email agar dapat dilihat atau diterima oleh perusahaan. Simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengirim lamaran melalui email.

Perusahaan harus benar-benar mematuhi dokumen yang diperlukan atau diminta seperti Curriculum Vitae, KTP, Ijazah, Surat Keterangan Kesehatan dll.

Jadi semua dokumen ini perlu dipindai agar bisa dikirim melalui email. Cobalah untuk tidak mengubah otentikasi dalam dokumen Anda

Buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer Anda. Kemudian ketik lamaran kerja dan curriculum vitae dengan template seperti pada gambar di bawah ini.

Surat Lamaran (soft File)

Untuk menghemat waktu Anda, saya telah menyertakan file dokumen lamaran kerja yang dapat Anda unduh. Jadi Anda perlu menyesuaikannya dengan informasi pribadi Anda.

Jika Anda lulusan baru dan belum memiliki pengalaman kerja. Kemudian Anda bisa menggantinya dengan pengalaman Anda pada contoh di bawah ini. Jika Anda mempunyai prestasi, terutama terkait dengan posisi yang Anda lamar, harap sertakan. Ini menjadi nilai plus bagi HRD.

Jangan lupa lampirkan dokumen penting seperti ijazah, KTP, sertifikat dll. Tempatkan dokumen di tengah gambar di bawah garis luar.

Cara Membuat File Untuk Lamaran Kerja

Memastikan semua dokumen yang diperlukan termasuk lamaran kerja, curriculum vitae dan dokumen lainnya digabungkan menjadi 1 file PDF dan dapat dengan cepat ditinjau oleh HR.

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Yang Baik

Kami menggunakan format PDF disini karena jenis file ini biasa digunakan untuk lamaran kerja email. Untuk nama file, formatnya adalah: [placeholder] – nama lengkap. Lalu pergi ke opsi

Usahakan untuk tidak mengirim file dengan ukuran yang sangat besar. Ubah ukuran file yang lebih besar dari 2 MB. Ukuran file PDF yang saya buat adalah 4 MB, sehingga saya perlu mengubah ukuran atau mengompres file PDF tersebut.

Untuk memperkecil ukuran file PDF, kita dapat menggunakan bantuan alat online bernama iLovePDF (klik tautan di sini). Klik tombol Pilih File PDF untuk memasukkan file PDF yang ingin Anda kompres.

File PDF terkompresi akan diunduh secara otomatis. Beri nama sesuai format sebelumnya lalu pilih Simpan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris (cover Letter), Curi Hati Rekruter!

Kami tidak menyarankan membuat lamaran pekerjaan yang dirancang dan dimaksudkan untuk melamar posisi/perusahaan mana pun. Luangkan waktu untuk mengedit lamaran pekerjaan berdasarkan lokasi dan nama perusahaan. Menjadi pelamar profesional!

Cara pengiriman aplikasi bisa Anda lakukan melalui email ke smartphone atau PC/komputer Anda. Sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan Anda, pastikan Anda telah sepenuhnya mengikuti dan melengkapi semua persyaratan wajib dan tambahan yang diminta oleh perusahaan.

Kesalahan umum yang dilakukan pelamar adalah mengirimkan lamaran pekerjaan menggunakan email dengan nama panggilan atau nama depan. Kami merekomendasikan menggunakan alamat email nama asli Anda. Karena itu menjadi salah satu pertimbangan perusahaan mengenai keteraturan pelamar.

Cara Membuat File Untuk Lamaran Kerja

Anda dapat menggunakan Gmail, Yahoo atau layanan email lainnya. Misal pelamar nama lengkap Nur Ludfia, maka email yang sebaiknya digunakan adalah [email protected] atau [email protected]. Menggunakan email seperti [email protected] akan membuat Anda terlihat sangat tidak profesional.

Lamaran Kerja Baru

Lalu bagaimana jika Anda tidak memiliki email yang memenuhi kriteria di atas? Segera daftarkan email yang sesuai agar tim rekrutmen dapat melihat lamaran kerja Anda.

Perlu diingat juga bahwa pengiriman lamaran email bisa dilakukan selama 24 jam, namun bukan berarti Anda bisa mengirimkannya pada jam 12 tengah malam. Sebaiknya kirim email pada jam kerja dan saat ada lowongan untuk menghindari sikap tidak sopan.

Layanan email yang paling banyak digunakan adalah Gmail. Jadi kami mencoba mengirimkan lamarannya melalui Gmail. Masuk ke akun Gmail Anda lalu pilih Integrasi.

Anda perlu mengetahui alamat email pasti dari perusahaan yang ingin Anda hubungi. Hindari juga kesalahan pengetikan alamat email perusahaan, agar aplikasi menerima email yang dikirimkan dengan benar. Masukkan alamat email perusahaan pada setiap kolom, dan pada kolom subject isikan format:

Gratis Contoh Surat Lamaran Kerja & Cover Letter Keren

. Sedangkan isi email dibiarkan kosong. Selanjutnya klik ikon lampiran yang ditunjukkan tanda panah dan upload file lamaran kerja (PDF).

Setelah berhasil mengupload file lamaran. Ingatlah untuk berdoa sesuai agama dan kepercayaan Anda terlebih dahulu. Terakhir, pilih Kirim untuk mengirimkan lamaran Anda.

Saat mengirim lamaran melalui email, alamat email pertama yang harus Anda perhatikan adalah alamat email Anda. Alamat email menentukan nasib pemohon. Mungkin saat Anda menggunakan media sosial, alamat email yang Anda gunakan masih tidak konsisten alias email.

Cara Membuat File Untuk Lamaran Kerja

Misalnya [email protected] dll. Sekali lagi, jika Anda menggunakan alamat email, apakah layak membaca HRD perusahaan yang Anda lamar? Anda mungkin akan langsung kehilangan email karena alamat email seperti ini lucu dan tidak serius.

Cara Membuat Berkas Lamaran Kerja Pdf Untuk Email

Jadi, sebelum mengirimkan lamaran kerja, pastikan Anda menggunakan alamat email yang valid atau profesional. Jika perlu, Anda harus membuat alamat email baru. Alamat email yang terlihat profesional biasanya menggunakan nama asli orang tersebut. Misalnya [email protected], lamaran Anda ke HRD akan mudah dibaca.

Kesalahan umum yang Anda lakukan saat mengirim lamaran melalui email adalah tidak adanya baris subjek email. Subjek email diperlukan untuk mencegah email Anda dianggap spam. Biasanya perusahaan akan menetapkan template isi email yang harus digunakan pelamar.

Namun ada juga perusahaan yang tidak memberikan instruksi apapun sehingga Anda harus merespon untuk mengisi isi email. Tulis judul atau baris subjek yang jelas yang mewakili isi email Anda. Contoh : Aplikasi desain grafis – Nur Ludfia.

Jadi, sepertinya Anda serius untuk melamar pekerjaan tersebut. Dengan konten, HRD suatu perusahaan dapat dengan mudah memasukkan informasi atau penjelasan dasar yang ingin disampaikan, seperti melamar pekerjaan. Sekali lagi, perhatikan isi email Anda, agar tidak ketinggalan mendapatkan respon cepat dari HRD.

Cara Pembayaran Surat Lamaran Kerja

Terkadang ketika seseorang sedang sibuk menulis isi email, mereka lupa dan langsung menekan tombol “kirim”. Alhasil, email akan terkirim tanpa CV atau dokumen lainnya. Apakah Anda benar-benar ingin dicap kurang serius dan ceroboh oleh perusahaan? Nah solusinya, silahkan buat checklist poin-poin yang perlu dicantumkan dalam setiap email saat melamar pekerjaan.

Oleh karena itu, sebelum menekan “Kirim”, Anda dapat memeriksa semua poin yang tercantum atau tidak tercantum dalam daftar periksa. Periksa dengan benar, jangan lewatkan apa pun.

Apakah Anda penggemar membaca? Jika belum, sebaiknya Anda berlatih membaca, terutama teks Anda sendiri. Karena apa yang kamu tulis sekarang akan menentukan nasibmu di masa depan. Jika topik sedang dibicarakan bersama teman, kesalahan ketik sedikit pun tidak akan menjadi masalah.

Cara Membuat File Untuk Lamaran Kerja

Namun jika Anda salah menuliskan nama atau jabatan manajer HR atau salah menuliskan nama perusahaan saat menulis lamaran kerja, Anda pasti akan menghadapi masalah. Jadi periksa kembali semua postingan Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan ketik atau kesalahan.

Surat Lamaran Kerja Pdf

Selain mengetik, perhatikan font yang Anda gunakan. Gunakan font yang sederhana dan bersih agar mudah dibaca. Dan pastikan Anda menggunakan bahasa normal. Jangan gunakan akronim, karena perusahaan bisa melihat kepribadian Anda dari bahasa yang Anda gunakan. Jadi, koreksi semua teks Anda dari awal hingga akhir sebelum menekan tombol ‘kirim’.

Berikut adalah artikel tentang cara mengirim lamaran melalui email. Pastikan Anda menggunakan bahasa yang baik dan formal saat menulis lamaran pekerjaan atau hal lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Kunjungi untuk informasi menarik dan terkini seputar teknologi. Semoga lamaran kerja Anda diterima dan diproses dengan cepat. Bersulang!

Download Berbagai Macam Aplikasi Terbaru dari Aplikasi Windows, Android, Driver dan Sistem Operasi: Saat ini, mengirim lamaran pekerjaan melalui email adalah salah satu cara yang paling umum untuk melamar pekerjaan.

Cara Membuat Lamaran Kerja Pdf Lewat Hp, Praktis Dan Simpel

Pencari kerja dapat mengirimkan lamaran kerja dengan menyiapkan CV, surat lamaran kerja dan akun email. Lamaran pekerjaan dapat dikirim melalui email dalam hitungan menit dan sangat sederhana.

Apakah kamu sudah menyelesaikan CV-mu? Jika Anda belum melakukannya, lakukan sekarang, Anda bahkan dapat menggunakan ponsel Anda! Gratis dan sangat mudah. 🎉

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mencari lowongan kerja dan melamar adalah melihat dokumen apa saja yang diperlukan untuk melamar. File yang paling sering diminta:

Cara Membuat File Untuk Lamaran Kerja

Jika Anda belum memiliki alamat email, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Saat membuat alamat email, pastikan email tersebut profesional dan sesuai dengan diri Anda. Biasanya berupa kombinasi nama lengkap dan nomor.

Cara Membuat Berkas Lamaran Kerja Dalam Satu File Pdf

Setelah Anda mendapatkan email dan menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, sekarang saatnya mengirim email. Jika Anda memiliki komputer, Anda dapat mengirimkan lamaran Anda melalui email melalui komputer. Atau di ponsel, berikut cara praktis mengirim aplikasi ke ponsel melalui email beserta contohnya.

Kata-kata entri harus ditempatkan di badan/subjek email, yang biasa disebut email lamaran kerja. Surat ini sering digunakan sebagai surat lamaran kerja yaitu sebagai surat perkenalan bagi pemberi kerja untuk melihat CV.

Leave a Comment